Cara Mudah Recovery Windows Product Key Yang Kelupaan

Cara Mudah Recovery Windows Product Key Yang Kelupaan

Windows Product Key, adalah produk berbentuk kunci atau lebih tepatnya Serial Number yang digunakan untuk mengaktifkan Windows. Aktivasi Windows dengan product key, hanya bisa kamu dapatkan ketika membeli lisensi Windows dari Microsoft. 

Meskipun sekarang terdapat banyak aplikasi yang dapat menjalankan aktivasi Windows otomatis seperti Kmspico dan sejenisnya, membeli Windows Product Key jauh lebih aman. Kita tidak perlu lagi khawatir akan deteksi ancaman dari sistem Windows Defender ataupun Antivirus yang kita gunakan.

Sayangnya, penggunaan Windows Product Key hanya dapat dilakukan sekali saja. Akan sangat merepotkan bila kamu kelupaan Serial Numbernya sebelum melakukan aktivasi. Lalu bagaimana solusinya ?

Solusinya tidaklah rumit, yang perlu kamu lakukan hanya recovery Windows Product Key tersebut. Berikut adalah 4 cara mudah melakukannya !

1. Cek Detail Pembelian Dari Situs Yang Kamu Gunakan

Cek Detail Pembelian Dari Situs Beli Windows Product Key

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk recovery adalah dengan mengecek detail pembelian dari situs yang kamu gunakan. Sebagai informasi, hanya ada 2 situs resmi yang menjual Windows Product Key, dan 2 situs tersebut adalah Microsoft dan juga Amazon.

Jika kamu membelinya dari Microsoft, maka lakukan pengecekkan pada akun Microsoft. Segera beralih dan pilih menu Payments & Billing.

Selain mengeceknya melalui situs pembelian tersebut, kamu juga dapat mencari ulang Windows Product Key pada dokumen fisik seperti kartu aktivasi. 

2. Recovery Windows Product Key Dari Command Prompt

  • Tekan tombol dengan logo Windows di Keyboard. Pada menu search yang muncul, kamu bisa mengetikkan kata CMD, klik kanan dan Run As Administrator.
Recovery Windows Product Key Dengan CMD

  • Jendela Command Prompt akan terbuka, di dalamnya ketikan perintah di bawah ini wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey
  • Dan beginilah hasil percobaan penulis.
wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

3. Recovery Detail Akun Microsoft Kamu

  • Apabila kamu adalah pengguna Windows dengan Pro Pack License, maka kamu dapat menggunakan detail Microsoft sebagai lisensinya.
  • Kamu juga bisa menggunakan fitur Troubleshooter pada sistem aktivasi Windows dengan Pro Pack License ini. 
  • Beralih pada Windows Settings, Update & Security, lalu ke menu Activation. Opsi troubleshooter hanya akan muncul ketika Windows belum diaktivasi.
Recovery Windows Product Key Dengan Pro Pack License

4. Menggunakan Aplikasi Product Key Recovery

Recovery Windows Product Key Dengan Mudah

Yang terakhir adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Product Key Recovery. Kamu dapat memilih aplikasi untuk ini, dan salah satunya adalah Belarc Advisor

Dengan aplikasi ini, kamu akan mengetahui detail profil dari sistem operasi maupun perangkat keras yang ada pada laptop kamu. Termasuk juga detail Product Key. Informasi yang berhasil dikumpulkan, hanya akan bersifat local di perangkat kamu saja dan tidak akan dikirimkan pada server web manapun.

Kesimpulan

Windows Product Key, adalah produk berbentuk kunci atau lebih tepatnya Serial Number yang digunakan untuk mengaktifkan Windows. Mengaktifkan Windows dengan Product Key berlisensi jauh lebih aman daripada menggunakan aktivasi otomatis sejenis Kmspico. 

Hanya saja, Product Key yang hanya bisa digunakan sekali ini akan menjadi masalah yang besar bila kita lupa Serial Numbernya. Cara untuk mengingatnya kembali adanya dengan melakukan recovery, salah satunya dengan menggunakan perintah CMD wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey.

Semoga artikel ini bermanfaat.

https://www.maketecheasier.com/recover-windows-product-key/

Ditulis Oleh :Andri Marza | Kucing Komputerin

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Salam Teknologi dari saya, Founder sekaligus Content Writer Kucingkomputerin. Andri Marza, bisa dipanggil Mada. Tulisan lain tentang teknologi dari saya dapat dicek di Inwepo.co. Share Cara Mudah Recovery Windows Product Key Yang Kelupaan dari Andri Marza tertanggal Sunday, September 26, 2021. Ke Teman-Teman Kamu. Silahkan Kritik atau Komentar di Kolom Komentar Trimakasih
www.kucingkomputerin.com
Cara Mudah Recovery Windows Product Key Yang Kelupaan Cara Mudah Recovery Windows Product Key Yang Kelupaan Reviewed by Andri Marza on September 26, 2021 Rating: 5

2 comments:

  1. Wah setelah saya ikuti dan mengetikan kalimat perintah diatas: " wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey " eh langsung muncul kode lisensinya.. Tapi ak kurang tau asli atau bajakan hha

    ReplyDelete
  2. kalau itu kurang tau, tapi biasanya kalau beli toko komputer yang skalanya besar, ya asli :D

    ReplyDelete

iklan banner
Powered by Blogger.