Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Yuk, Belajar Video Editing di Adobe Premiere Langsung dari Ahlinya

6 komentar


Belajar Video Editing di Adobe Premiere Bersama Ahlinya

Belajar Video Editing - Mumpung di awal bulan nih, Min Kucing akan memulai target menulis artikel di blog pribadi, setidaknya 15 artikel 1 bulan. 1 minggu berarti ada 4 artikel. Dan artikel pertama di bulan Mei Mei ini akan membahas tentang video editing.

Teruntuk kamu yang sering sudah malang melintang di dunia sosmed, pasti sudah tahu betapa pentingnya peran ini dalam industri kreatif. 

Buat yang belum tahu, industri kreatif adalah proses penciptaan ide seseorang ataupun kelompok menjadi produk ekonomi yang menghasilkan. Tanpa perlu adanya eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan. 

Ada banyak memang macam-macam industri kreatif. Salah satunya adalah film, termasuk di dalamnya video.

Di dalam industri kreatif juga, ada banyak teknik marketing yang akan kamu jumpai. Daripada kaget atau untuk menimimalisir rasa ketar ketir saat di industri kreatif, ada baiknya kamu mengetahui teknik-teknik marketing itu.

Ya, kamu bisa baca di link di bawah ini,


Salah satunya tadi, video editing. Kegiatan, yang konteksnya melakukan editing pada video. Sekarang, kegiatan ini jadi lebih menyenangkan karena bisa dilakukan hanya dari smartphone.

Sebut apa saja aplikasi CapCut yang sering dianggap haram oleh video creator karena efek-efek yang bisa diakses hanya dengan 1 kali klik fitur. 

CapCut dan beberapa aplikasi Android lainnya memang ditakutkan bisa menggeser aplikasi video editing versi desktop.


Sempat ada memang kekhawatiran seperti itu. 

Faktanya, untuk dapat memproduksi video video kompleks, dengan efek yang lebih wah lagi, yang lebih banyak memakan memori, yang lebih banyak butuh grafis, lebih enak dilakukan di layar yang gede, ya jelas melakukan video editing di desktop adalah pilihan yang realistis.

Salah satu aplikasi video editing di desktop yang paling rekomendasi adalah Adobe Premiere.

Wih, kalau sudah berbicara Adobe Premiere, pastinya kita bakal ngomongin kelebihan dan juga fiturnya

Kelebihan dan Fitur Adobe Premiere

Keunggulan Adobe Premiere Sebagai Aplikasi Video Editing
Sumber: Google Images

Fitur yang dimiliki oleh Adobe Premiere terbilang sangat lengkap, untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai Video Editor. Min Kucing bisa sebutkan 4 di antara fitur tersebut. Terutama untuk fitur dari Adobe Premiere Pro.

1. Color Grading


Ya, yang pertama adalah Color Grading. Di Adobe Premiere Pro, fitur ini didukung oleh HRD Color range dengan color space REC-2100. 

Dukungan tersebut menjadikan proses grading lebih dinamias. Bahkan standar yang digunakan pada aplikasi ini sama dengan apa yang digunakaan pada broadcast Televisi. Uwooow gak tuh?

2. Dapat Mengedit Cuplikan Video Otomatis


Kamu bisa mendapatkan akses fitur ini melalui menu klip video dan Scene Edit Detection. Adobe Premiere juga akan memberikan rekomendasi terhadap bagian video mana yang dipotong.

3. Dukungan Adobe Stock Studo


Ketiga adalah dukungan Adobe Stock Studio. Semacam library berisikan aset audio yang bersifat free dan bebas digunakan untuk jenis video apapun.

Kamu gak perlu lagi pusing-pusing untuk mencari audio mana yang free di Google, sekaligus enak buat didengar. Tidak hanya itu, kamu bisa lakukan filter lagu atau audio berdasarkan mood, durasi, tempo dan bahkan genre.

4. Adobe Premiere Mendukung Kamu untuk Berkolaborasi


Adobe Premiere ini punya semacam fitur layaknya di GitHub yang memungkinkan kamu berbagi proyek dengan orang lain. Artinya kamu bisa gunakan ini untuk proyek video yang dilakukan secara tim.

Pastinya, proses editing video yang dilakukan bersama-sama juga akan lebih cepat. Bisa juga digunakan untuk mencari seseorang yang jago untuk bantu masalah editing kamu.

Wiiih keren-keren ya Min Kucing fitur-fiturnya. Jelas dong, itu baru beberapa saja, belum semuanya. Yang lebih menarik lagi adalah apa yang akan kamu dapatkan jika tekun belajar video editing terus jadi video editor handal.

Keuntungan Menjadi Video Editor

Pernah lihat video editing ala anak TikTok jedag jedug yang bikin sakit mata?. 

Video-video seperti itu saja banyak peminatnya, apalagi video yang berkelas, dengan proses editing yang berkelas juga. Jika video yang kamu buat menarik, tentunya akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

Min Kucing akan rangkum 4 di antaranya:

1. Menambah Jumlah Followers


Teruntuk kamu yang suka "pamer" video di sosial media, belajar video editing epic tentu akan memudahkan kamu mendapatkan banyak followers. Ya, semakin epic video yang kamu buat, semakin bagus makna yang tersampaikan, pastinya followers kamu terutama Instagram, bakal nambah.

Gak cuma nambah followers saja, tapi kesempatan kamu untuk buka Open PP (Paid Promote) bisa terbuka dengan lebar.

Pada akhirnya kamu bisa kerja layaknya selebgram, yang kerjanya dari rumah, dapat sekali orderan, yang sekali orderan itu cukup untuk hidup kamu setahun.

Kok bisa? ya bisa saja, jika kamu memang tekun belajar video editing dan hasil video kamu sudah berada di level Top. 

2. Bisa Digunakan untuk Tambahan Penghasilan


Untuk kamu yang memang gak punya niat jadi selebgram seperti yang Min Kuicng bilang di atas, masih bisa dapatkan keuntungan berupa tambahan penghasilan. Bahasa kerennya side hustle. 

Ya, kamu bisa menjajahkan jasa kamu kepada orang orang terdekat, atau kepada instansi agency secara mandiri. Bahkan kamu bisa saja gak harus lakuin itu, karena sekarang sudah banyak platform yang memudahkan kamu menjual karya seni video.

Kamu bisa jual video kamu di Youtube, Vimeo atau Dailymotion. FYI nih, 1 video yang diunggah di platform penjualan video di Vimeo, kamu akan dapat royalti sebesar 90%.

Ingat, 90% BROOO!!.

3. Banyak Dicari Perusahaan Perusahaan Besar


Barusan kemarin mencari pekerjaan untuk teman Min Kucing yang pengen jadi video editor. Dan ketemulah Trans 7. Stasiun televisi favorit yang punya banyak program acara menghibur dan juga memorable, macam Si Unyil, Bolang Si Bocah Petualang, Lapor Pak dan lain-lain.

Belum lagi hasil pencarian Min Kucing di LinkedIn, banyak bro perusahaan besar yang buka lowongan untuk video editor sejenis.

Prospek Kerja daripada Video Editor
Sumber: LindkedIn

Mulai dari Trans 7, RCTI, Kompas, Noice, dan bahkan tim sepak bola Bali United pun ada. So jangan khawatir atau bertanya-tanya lagi, 

"Kalau jadi video editor kerjanya di mana?"

Sungguh itu pertanyaan yang tidak berbobot. Awowowok.

4. Prospek Masa Depan dan Gaji yang Selangit


Jika sudah tahu bahwa banyak perushaan gede yang buka lowongan untuk video editor, prospek dan juga gaji selangit pastinya mudah didapatkan.

Jenjang karir yang bisa kamu jelajahi jika menjadi video editor adalah web video editor, event video editor, animator dan bahkan sampai jadi film editor. 

Tapi Min Kucing...

"Gua gak ada mentor yang bisa ngajarin gua buat belajar video editing..
Gua belum referensi video di Youtube yang benar-benar pas buat ngajarin gua dari awal..
Gua gak punya cukup uang buat ngikutin Course, mana Course itu rata-rata harus meluangkan waktu buat belajar, gak bisa kita atur jadwalnya.."


Belajar Video Editing Bersama Ahlinya?


Gak usah khawatir kaum yang pingin sukses tapi kerjaannya rebahan mulu. Min Kucing punya referensi top markotop untuk kamu yang memang ingin belajar video editing.

Ya Min Kucing punya mentor yang pas buat kamu untuk belajar video editing dengan Adobe Premiere dari awal. Tapi sebelum itu, mari nikmati karya-karya mentor ini terlebih dahulu.



Ada lagi, asupan video berkualitas lain yang bikin kamu ngiler buat bikinnya.


Ada lagi...


Ada lagi..


Ada lagi..

Ada Lagi..

Ada Lagi..

Lah, mana Min Kucing?. 

Banyak banget karya-karya beliau ini. Kalau Min Kucing masukin semuanya, capek cuy. Mending lu kepoin aja nih orang Kadek Gunawan. Ini orang nih yang bertanggung jawab bikin mata lu pada keenakan nonton video yang epic epic tadi.

Siapa Kadek Gunawan?

Belajar Video Editing di Adobe Premiere Bersama Kadek Gunawan
Sumber: Instagram

Kadek Gunawan ini adalah Engineer sekaligus Content Creator

Dapat kamu lihat di Instagramnya sendiri, yakni @kdkgunawan, beliau termasuk jajaran sebagai Content Creator video estetik yang setiap videonya berfokus pada teknik storytelling.

Teknik storytelling sendiri adalah teknik yang sering digunain Content Creator untuk mempromosikan suatu produk ataupun sebuah perjalanan (pastinya sih).

Jumlah followers dia di Instagram saja sudah mencapai 13.8K. Belum lagi fakta bahwa dia punya channel Youtube yang di beri nama sesuai dengan namanya yakni Kadek Gunawan dan telah mendapatkan 5.16K subscribers.

Dan jumlah tayangnya mencapai 1 juta views!!.

Belajar Adobe Premiere Bagi Pemula Bersama Kadek Gunawan
Sumber: Youtube

Sungguh angka-angka yang gak mungkin bisa didapatkan untuk kamu kaum rebahan tapi pinginnya sukses.

Sudahlah Min Kucing, beri gua info di mana saya bisa belajar bareng dia..

Kebetulan banget beliau sedang buka pembelajaran atau E-Course di situs Anakteknik.co.id, situs kumpulnya anak-anak Teknik.



Keuntungan Mengikuti E-Course

E-Course Belajar Video Editing Adobe Premiere

Pertanyaan pertama kamu yakni di mana kamu bisa dapatkan mentor yang buat ngajarin, udah Min Kucing temukan.

Pertanyaan kedua, yakni belum nemu referensi video yang pas buat ngajarin lu belajar video editing dari awal?

Sudah terjawab di E-Course ini. Ikut E-Course Sekarang!

1. Tersedia 3 Section Pembelajaran


Di sini kamu bisa dapatkan 3 section pembelajaran, yakni Basic, Advanced dan juga Color Grading.

Pembagian pembelajaran menjadi 3 section untuk memudahkan kamu memahami konsep video editing secara bertahap.

Untuk materinya-materinya sendiri sangat lengkap. Kamu bisa mulai dengan memahami basic daripada editing, basic audio, add text, subtitle, shape, dreamy effect, key framing, stabilizer, masking, skin tone, dan lain-lain.

Pokoknya lengkap.

2. Harga E-Coursenya Berapa?


Di sini kamu perlu takut atau khawatir buat ngikutin E-Course ini. Berbeda dengan E-Course lainnya yang mencapai ratusan rupiah bahkan jutaan, hingga kamu harus ngorbanin jatah makan kamu 1 bulan, di sini kamu mendapatkan diskon sebesar 75%. 

Artinya dari harga Rp.390.000  jadi hanya Rp.99.000 saja.


3. Bisa Diakses Kapanpun dan Sekali Bayar Doang!


Yang terakhir nih, E-Course dari Kadek Gunawan ini bisa kamu akses kapanpun kamu mau. Artinya lifetime. Kamu gak harus capek-capek mengikuti jadwal yang ada. E-Course juga tidak akan hilang dalam batas waktu tertentu.

4. Tersedia Grup untuk Diskusi Lagi


Buat yang ingin belajar, sekaligus modus untuk dapatin do'i, E-Course ini nantinya akan ada grup untuk diskusi. Di sini kamu bisa unjuk gigi kepada dia orang istimewa akan hasil karya-karya video yang telah elu buat.

Gimana?, Semua pertanyaanlu sudah terjawab di E-Course ini!.

Mentor OK punya, Materi Lengkap dan Pas untuk Pemula, Harga Sudah Bersahabat, E-Coursenya Lifetime, Plus ada Grup Diskusi lagi lagi.

Hadiah Tambahan Potongan Harga


Jika berbagai keuntungan di atas masih belum cukup untuk memotivasi kamu yang kerjaannya rebahan, dan pengen jadi video editor sukses, nih Min Kucing kasih info bonus.

Teruntuk kamu yang ingin mendapatkan potongan harga lagi, bisa menggunakan kode AUIEN setiap kali melakukan transkasi mengikuti E-Course ini, atau E-Course dan Live Training lainnya di Anakteknik.co.id

Ingat ya kodenya AUIEN

Kode ini bisa digunakan berkali-kali oleh kamu untuk dapatkan potongan harga E-Couse dan Live Training di Anakteknik.co.id.

Gimana?

Nikmat mana lagi yang kamu dustakan wahai anak muda. Mau belajar video editing sekarang lebih mudah. Cukup akses E-Course ini, murah dan berkualitas.

Ikut E-Course Sekarang! Ayo raih mimpimu!!...

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
RajaBackLink.com
Bagian Dari