Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cerita Ramadhan Musholla Al-Ikhlas Sendowo

30 komentar


Cerita Ramadhan Musholla Al-Ikhlas Sendowo

Cerita Ramadhan Musholla Al-Ikhlas Sendowo - Ramadhan 1443 H kembali datang pada insan yang hampir mengulangi sumpah yang sama. Sumpah untuk menjadi lebih baik lagi dimulai dari bulan suci ini.

Sayangnya, seperti kebanyakan orang yang pandai berjanji, tapi tidak pandai menetapi, Min Kucing masih belum merasa menjadi lebih baik. Ya, Min Kucing memang masih butuh beribu waktu untuk dapat menjadi lebih baik lagi.

Perjalanan religius Min Kucing di Yogyakarta, menyenangkan dan pastinya takkan terlupakan. Teruntuk orang-orang Jogja, pastinya sudah sering mendengar yang namanya Kajian atau Pengajian.

Bukan hanya mengaji Al-Qur'an bareng-bareng saja, tapi benar-benar ngaji, belajar agama bareng dengan rutin. Ya, untuk beberapa daerah kegiatan seperti ini masih agak jarang ya, terlebih di kampung Min Kucing.

Kalau di Jogja, berserak kaya gini. 
Kita bisa nemuin tempat kajian mana saja yang kita mau.

Tapi jelas, kita juga harus pandai memilih kajian yang mana memang kita harus ikuti, dan mana yang belum atau bahkan kita tidak harus diikuti.

Alhamdulillahnya, Min Kucing selama di Jogja, mendapatkan teman-teman yang baik. Teman-teman yang memang memiliki jalan yang sama, tapi belajar agama islam yang damai.

Dan kebanyakan dari mereka, sama seperti Min Kucing. Ada banyak hal yang baru diketahui.

OOOOOOOOooo...kalau kek gitu gak boleh ya, Ooo kalau kaya gitu gak ada contohnya ya...Ooo.. ini dalil yang kuatnya ya...dan Ooooo yang lain, keluar dari mulut Min Kucing dan teman-teman.

Saking banyaknya tempat kajian rutin di Jogja, Min Kucing tidak akan bisa sebutkan satu per satu. Min Kucing hanya akan sebutkan 1 tempat kajian, yang dulu (kalau sekarang sudah fokus kerja wkwkwkw...) Min Kucing ikuti.

Tempat itu adalah Masjid atau Musholla Al-Ikhlas Sendowo.


Musholla Al-Ikhlas Sendowo


Musholla Al-Ikhlas menjadi tempat jamaah muslim untuk melaksanakan ibadah shalat berjamaah, pengajian, dan juga buka bersama.

Adapun lokasinya berdekatan langsung dengan pemukiman warga, dan berada tepat di samping Warung Biru. Warung yang terkenal di kalangan dokter-dokter di RS Sardjito karena enak dan lezat. 

Sup dagingnya itu, bikin nagih.

Sumber: Arsip Kucingkomputerin

Musholla Al-Ikhlas ini berdiri sudah lama sekali. Dari video ini, kamu bisa melihat betapa mungil tapi tentramnnya Musholla ini.

Maaf ya kalau videonya ada jedag-jedugnya.

Ya, Musholla ini memiliki 2 kamar mandi, 2 tempat wudhu untuk pria dan 1 untuk wanita. Musholla ini juga dilengkapi dengan kipas angin. 

Jadi bagi siapa gerah, bisa menggunakan kipas angin yang ada.

Benar-benar sederhana, tapi eleganlah. 

Al-Ikhlas Sebelum dan Sesudah Pandemi


Sebenarnya tidak banyak yang berubah dengan Musholla Al-Ikhlas sebelum dan sesudah pandemi.

Hanya saja yang berubah adalah kurangnya aktivitas keagamaan di dalamnya. 
Ya ini sih wajar ya. 

Sebelum pandemi..

Kegiatan Buka Bersama Sebelum Pandemi
Sumber: Takmir Musholla

Kita bisa dengan mendapatkan asupan rohani di dalam Musholla Al-Ikhlas, kalau gak salah jadwalnya seperti ini:

  • Senin Kajian Kitab "Gundul" bersama Ust. Ammi Nur Baits. Sekarang kajiannya pindah ke Masjid Pogung Dalangan. Pindahnya mungkin karena alasan jamaah yang terus berdatangan, dan daya tampung yang kurang memadai jika masih diadakan di Musholla Al-Ikhlas.
  • Rabu Kajian Fiqih bersama Ust, lupa namanya siapa :v.
  • Jum'at dikhususkan untuk Tilawah Al-Qur'an bersama dengan Ust. Munadi. Seingat Min Kucing, Pak Munadi ini orangnya lucu dan humble.

Masa-masa itu menyenangkan, sangat. Selain mendapatkan ilmu, peserta kajian sering kali mendapatkan "jatah" makanan gratis.

Dan memang, enak-enak euy.

Ya, walau sebagai muslim kita harus sadar, datang ke kajian itu karena ilmunya, dan bukan makanannya. Makanan hanyalah bonus saja.

Seperti inilah kegiatan-kegiatan sebelum pandemi datang menyerang. Ramai dan asik.

Saat itu, pengurus Musholla Al-Ikhlas masih pada lajang-lajang. Jadi ya, lebih aktif di sosial media, terutama di Facebook. Kamu bisa kepoin tuh.

Setelah mereka melepas status lajang mereka dan pas pula dengan kondisi pandemi Covid-19 dimulai, kegiatan keagamaan mulai berkurang.

Sedih, tapi setidaknya masih ada cara Bukber di Musholla Al-Ikhlas

BukBer di Musholla Al-Ikhlas


Acara bukber ini di Musholla Al-Ikhlas itu selalu spesial. Selain karena hidangannya yang lezat-lezat, juga karena adanya ceramah-ceramah video pendek yang diputar menggunakan proyektor.

Biasanya sih, Takmir dan beberapa remaja masjid akan sibuk menyiapkan video ceramah pendek, agar bisa ditonton oleh jamaah bukber yang berdatangan.
Terutama anak-anak yang antusias saat hidangan datang.

Kegiatan ini tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Jamaah yang datang, mengenakan masker sebelum berbuka.

Kalau pas berbuka, masih pakai masker..wkwkw, ya maskernya jadi kotor :D.

Suasana Berbuka di Musholla Al-Ikhlas Sendowo
Sumber: Takmir Musholla


Suasana Berbuka di Musholla Al-Ikhlas
Sumber: Takmir Musholla

Adapun video yang ditonton adalah video ceramah pendek yang sumbernya kebanyakan dari Yufid.com

Buat anak-anak Jogja, pasti gak asing lagi dah. 

Situs search engine yang didalamnya berisikan website-website yang memiliki paham yang sama tentang islam. 

Dalam kata lain, lebih tersaringlah daripada cari konten agama di Google.

Doa Berbuka Puasa yang Shahih
Sumber: Yufid.com

Setelah minum teh hangat, membaca doa di atas, hidangan yang adapun dengan lahap kami habiskan sebagai bentuk syukur dari mereka yang telah memberikan sebagian rezekinya.

Hadist Keutamaan Orang yang Memberi Makan Orang yang Berpuasa
Sumber: Google Images

Semoga berkah untuk mereka.

O iya untuk kamu yang mau ikutan bersedekah, bisa kok. 
Caranya sangat mudah.

Poster Ramadhan 1443 H Al-Ikhlas
Sumber: Takmir Masjid

Sedekah yang kamu berikan kepada pengurus Musholla Al-Ikhlas, tentunya akan sangat membantu. Semoga pahala terus mengalir kepada mereka yang telah memberikan sebagian rezekinya. Aamiin.

O iya Min Kucing juga mendapatkan laporan Donasi Ramadhan dari Takmir Musholla. Untuk kebutuhan Donasi adalah sekitar Rp.20.000.000

Dana yang sudah masuk sekitar Rp. 7.465.000.

Catatan Donasi Ramadhan 1443 H Musholla Al-Ikhlas
Sumber: Takmir Musholla (NB. Dana masuk pertanggal 4 April,
Alhamdulillah 5 April, sudah masuk 2 jt dan 300rb )

Yaps, donatur bisa lihat lebih jelas daftarnya melalui link ini ya >> Buka Link

Selesai bukber, Takmir dan juga remaja masjid lainnya, gak langsung pulang tapi bergotong-royong membersihkan peralatan makan dan minum.

Kesimpulan


Min Kucing sangat berterima kasih kepada Takmir Musholla, karena mengizinkan Min Kucing untuk menuliskan artikel tentang kegiatan Musholla Al-Ikhlas.

Jazakallahu Khairan.

Itulah Cerita Ramadhan Musholla Al-Ikhlas Sendowo, dari Min Kucing.
Teman-teman ada cerita menarik di kala Ramadhan?.

Yuk cerita sedikit di kolom komentar :D.

~ Review ~

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

30 komentar

RajaBackLink.com
Bagian Dari