Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Belajar Koding Website Asik dengan Cara Unik dari CaraFajar

8 komentar

Belajar Koding Website Asik dengan Cara Unik dari CaraFajar

Belajar Koding Asik - Channel Youtube apa yang pertama kali kamu buka ketika ingin mempelajari koding web?. 

Salah satu jawaban kamu mungkin berasal dari channel milik Sandhika Galih, Web Programming Unpas.

Beberapa yang lain mungkin akan menjawab channel-nya milik orang-orang India, yang memang terkenal pintar dalam hal teknologi secara umum apalagi koding.

Tapi, Min Kucing tidak akan membahas channel-channel itu. Min Kucing akan membahas channel yang akhir-akhir ini mencuri perhatian Min Kucing.

Channel ini berasal dari salah satu anggota di grup Facebook Tips dan Trik Komputer yang Min Kucing kelola. 

Anggota itu bernama Cara Fajar. Yaps, nama akun Facebook yang sama dengan nama Channel Youtubenya, yakni CaraFajar.

Mari kita kupas Channel ini lebih mendalam


Apa itu Channel Cara Fajar?


Belajar Koding Website Asik dengan Cara Unik dari CaraFajar
Sumber: CaraFajar

Ini adalah channel milik Friendlist Min Kucing di Facebook, Cara Fajar. Salah satu anggota grup Tips dan Trik Komputer yang terbilang sangat aktif. 

Dari data grup Facebook ini, diperoleh fakta bahwa Cara Fajar telah memposting setidaknya 9 postingan dalam 28 hari terakhir.

Belajar Koding Website Asik dari Grup Facebook
Sumber: Grup Facebook Tips dan Trik Komputer

Ia berada di urutan ketiga dari data kontributor teratas grup. Data ini terakhir diperbarui 20 April 2022.

Lalu apa sih yang beliau bagikan kepada teman-teman yang ada di dalam grup ini?. Yang beliau bagikan adalah tips dan trik koding. 

Yaps, Cara Fajar Channel adalah channel Youtube yang menyediakan konten tutorial pembuatan website, website programming yang cocok untuk pemula dengan cara-cara yang unik dan pastinya mudah dari Cara Fajar.

Materi yang disinggung di dalamnya adalah Tutorial HTML, CSS/CSS 3, JavaScript, jQuery, MySQL, Bootstrap, PHP dan lain-lain.

Tidak hanya itu Cara Fajar juga terkadang membagikan tips keren tentang extension-extension apa saja yang bisa membantu proses koding lebih cepat di Visual Code. 

Perlu diketahui bahwa Visual Code adalah Code Editor gratis namun powerfull, dan sekarang ini banyak digunakan oleh programmer-programmer handal. Baik itu yang memilih jalan di bidang web dan juga mobile.

Yang Min Kucing Suka dari Channel Ini


Cara Membuat Toko Online dengan Koding PHP
Sumber: CaraFajar

Jujur saja, saat pertama kali membuat grup Tips dan Trik Komputer di tahun 2019, dan baru dibuka untuk menerima postingan dari anggota sejak tahun 2020 akhir, Cara Fajar termasuk akun yang rajin membagikan tips koding kerennya di grup.

Saat itu juga, sebenarnya Min Kucing juga butuh banyak referensi untuk menelaah koding website. Dan yaps, channel ini menjadi salah satu channel yang Min Kucing ikuti. 

Saat itu, video yang pertama Min Kucing tonton adalah series belajar Bootstrap 5. 


Saat pertama kali membuka channel ini, Min Kucing mendapatkan banyak referensi dan penjelasan tentang fundamental koding yang mudah dipahami. 

Yaps, video ini memberikan Min Kucing insight baru untuk menjelaskan apa itu Bootstrap untuk keperluan dokumen ilmiah.

Selain itu, ada 3 alasan lain mengapa Min Kucing menyukai channel ini:

1. Penjelasan Detail, Dimulai dari Memahami Requirement Sistem


Cara Membuat Database untuk Toko Online
Sumber: CaraFajar

Playlist Tutorial Membuat Toko Online dengan PHP & MySQL & Bootstrap, menjadi salah satu video favorit Min Kucing. 

Cara Fajar menjelaskan langkah demi langkah pembuatan toko online ini dengan sangat lengkap.  Bahkan dimulai dengan menjelaskan keperluan-keperluan dalam website. Jadi gak ujug-ujug langsung ngoding website saja.

Mirip dengan kerja di dunia nyata, di mana programmer harus melakukan survey tentang kebutuhan sistem dari klien terlebih dahulu. Menulis requirement daripada keinginan klien.

Metode ini mengingatkan Min Kucing pada mata kuliah Min Kucing selama kuliah, yakni ADSI (Analisis Desain Sistem Informasi)

Mengenai metodenya secara detail, bisa saja menggunakan metode waterfall, SLDC, RAD, ataupun Agile.

Untuk video dari Cara Fajar ini sendiri, Min Kucing rasa metode yang digunakan itu RAD atau nggak Agile.

Walau yang kita buat adalah Toko Online, tapi cara CaraFajar menjelaskan tahap-tahap pengembangan website inilah yang jadikan prosesnya tidak berat.

Brief atau requirement dari klien pada proyek ini dijelaskan kembali oleh CaraFajar dengan menuliskan entitas-entitas penting di dalamnya. 

Penulisan kembali entitas dari pemahaman requirement ini sangat penting untuk kamu yang sekalian ingin belajar buat database dengan MySQL.

Untuk video yang diupload oleh CaraFajar ini rata-rata memiliki durasi waktu 20 menit, dan tentu saja bergantung pada jenis kontennya. 

Apabila diperlukan durasi yang panjang, tentunya video juga akan panjang, dan jadi series.

Contohnya seperti series membuat Toko Online ini. Di Playlist ini, kita bukan hanya tinggal mengikuti.

Ada kalanya CaraFajar melakukan sedikit-sedikit kesalahan, yang jika kesalahan itu kita cermati, maka kita bisa mengetahui penyebabnya. 
Yaps, sebagai seorang programmer, mustahil bisa langsung koding tanpa ada error sama sekali.

Meme Koding Terbaru
Sumber: Miro.medium.com

Justru ketika ada error-lah proses koding jadi lebih seru, lebih menantang, karena kita akan berpikir lebih keras tentang apa sih solusinya. 

Sedikit kesalahan-kesalahan yang diperbuat oleh CaraFajar dan kemudian diperbaiki oleh ini secara langsung, juga jadi tanda OP-nya CaraFajar dalam mencari solusi error. 

2. Cocok untuk Pemula di Bidang Web Programming



Selain penjelasannya yang detail dimulai dari cara memahami requirement, proses konversi requirement menjadi entitas dan kemudian menjadi database. CaraFajar Channel ini punya nilai lebih untuk kamu yang ingin belajar pemrograman website dari awal.

Yaps dimulai dari memahami 4 elemen utama koding website, yakni HTML, CSS, JavaScript, PHP dan hingga cara memahami database. 

Untuk kamu yang ingin belajar cara membuat website sederhana dari HTML, bisa klik link playlist ini.

3. Rajin Upload


Cara Menjadi Youtuber Programming Terkenal-Rajin Upload Video
Sumber: CaraFajar

Untuk ukuran channel web programming, yang kontennya berbeda dengan konten hiburan, tentunya diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk memproduksi video baru.

Tetapi CaraFajar ini tergolong rajin untuk upload video baru. Dalam 1 bulan saja, CaraFajar sudah bisa mengupload 8 video.

Tidak hanya memikirkan kuantitas, video yang diupload oleh CaraFajar juga berkualitas.

4. Punya Banyak PlayList yang Memudahkan Proses Belajar Koding Website


Belajar Koding Website Asik
Sumber: CaraFajar

Selanjutnya, CaraFajar Channel ini punya banyak playlist pembelajaran koding yang dibuat menjadi series.

Ada playlist belajar PHP OOP, playlist belajar jQuery untuk pemula, playlist tutorial membuat Toko Online, dan lain-lain.

Yang keseluruhan dari playlist itu dibahas lengkap hingga series pembelajaran terakhirnya.

Sugooooi.

Ayo Subscribe!


Channel Belajar Koding Website Asik Rekomendasi
Sumber: CaraFajar

Untuk sekarang, channel ini sudah mendapatkan 2.35K subsribers dengan 236,079 views. Yuks, kita dukung channel ini dapat berkembang lagi, dengan cukup menekan tombol subscribe.

Tak lupa, Min Kucing sampaikan Terima kasih kepada CaraFajar yang telah bersedia untuk direview.

Kita dukung channel-channel yang mencerdaskan dunia teknologi seperti CaraFajar, demi Indonesia yang maju penggunaan teknologinya. Yuks bisa yuk!.

~ Review ~.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan