Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Apa Benar Mencuci, Menyapu, Mengepel, Beres-Beres Rumah itu Olahraga?.

9 komentar


Mencuci Termasuk Olahraga?

Mencuci, Menyapu, Mengepel - Ada sebuah pandangan unik di kalangan masyarakat kita tentang apa itu olahraga. 

Jadi, olahraga diartikan sebagai segala sesuatu yang bentuknya gerak dan menghasilkan keringat.

Secara nyata, memang olahraga akan membuat kita jadi berkeringat. Tapi apa benar kalau semua gerak yang menghasilkan keringat itu olahraga?.

Pastinya kamu pernah dengar orang-orang yang berkata:

Walaupun saya di rumah, tapi saya rajin olahraga kaya mencuci, menyapu, mengepel, beres-beres rumah, itukan sudah termasuk olahraga, yang penting mah kita harus bergerak dan berkeringat.

Anggapan ini sering kita anggap benar bukan karena kita paham tentang arti olahraga (sesuai yang dikatakan si pembantah), tapi karena kita ingin menghormati si pembantah. 

(Rata-rata yang mengatakan seperti ini memang orang tua yang sibuk di rumah atau mereka yang sudah kadung capai akibat pekerjaan seharian). Kita juga gak tahu gimana cara jelasin bahwa itu salah.

Maaf saja, olahraga tidak pernah tidak semenyenangkan itu. 

Jika benar kegiatan-kegiatan seperti itu adalah olahraga, maka Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu di rumah jadi orang paling sehat dan segar bugar.

Definisi Olahraga


Didapatkan dari Dokter Kesehatan Olahraga, Michael Triangto membantah keras akan anggapan bahwa mencuci, mengepel dan menyapu,dll adalah olahraga.

Itu tidak termasuk olahraga, tapi aktivitas fisik. Pertanyaanya sekarang, apakah abang yang menarik becak sudah olahraga? Tidak, karena tidak ada program latihannya. Kecuali kalau abang becak itu setelah narik dia latihan kecepatan genjot becak karena mau ikut lomba balap becak"

Michael menjelaskan olahraga dengan mencuci, menyapu dan mengepel, dll tak dapat disamakan karena adanya perbedaan yang mendasar tentang FITT.

Aktivitas fisik seperti mencuci, menyapu, dan mengepel tidak memiliki dasar tentang FITT. FITT sendiri adalah singkatan dari frequency, intensity, time dan type.

Apa Itu FITT


Aktivitas fisik dapat dikatakan sebagai olahraga apabila memenuhi syarat dilakukan minimal 3-5 kali dalam seminggu selama 30 menit. Tentunya dengan gerakan yang berulang dan jarak waktu yang lama. (Frequency & Time). 

Min Kucing akan bertanya kepada kamu yang mungkin salah satu yang mengatakan bahwa mencuci, menyapu, mengepel adalah olahraga.

Apakah kamu mencuci pakaian kamu setiap 3 atau bahkan 5 kali dalam seminggu dalam waktu 30 menit dengan gerakan yang berulang-ulang?.

Aktivitas fisik dapat dikatakan sebagai olahraga apabila dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Michael sendiri menjelaskan gerakan olahraga idealnya dihitung menggunakan hitungan 50-70% dari denyut nadi maksimal. (Intensity).

Min Kucing akan kembali bertanya:

Apakah kegiatan mencuci, menyapu, mengepel dll, dari yang kamu lakukan memperhatikan intensitas dari ringan ke sedang? Apakah kamu pernah merencanakan bahwa hari ini akan mencuci 10 helai pakaian, dalam 3 kali semingu, dan di minggu depan akan mencuci 15 helai pakaian dalam kurun waktu 3 kali cucian?. Dan di minggu depannya lagi menjadi 20 pakaian dalam kurun waktu 3 kali cucian?.

Satu hal lagi, olahraga adalah aktivitas fisik yang terbagi atas dua bagian, yakni aerobik (untuk kesehatan jantung) dan anerobik (untuk kesehatan tulang dan massa otot). (type)

Min Kucing akan kembali bertanya.,

Apakah, kegiatan mencuci, menyapu, mengepel, dapat memperkuat kesehatan jantung, tulang dan juga massa otot kamu?

Mengapa Anggapan Ini Muncul?


Anggapan mencuci, menyapu, mengepel dan lain-lain adalah olahraga tidak lain muncul karena 4 sebab:

1. Malas olahraga.
2. Tidak terbiasa dengan olahraga.
3. Pekerjaan rumah yang memang menumpuk akibat manajemen waktu yang kurang baik.
4. Sering jadi korban catcalling atau sexiest ketika ingin berolahraga, biasanya dialami oleh wanita


Lantas bagaimana solusinya?. 

Sebelum memberikan solusinya, Anda bisa terlebih dahulu membaca artikel tentang manfaat-manfaat olahraga di sini. Min Kucing berharap dengan membaca artikelnya, bisa menghajar habis-habisan 2 sebab awal.

Untuk sebab 3 dan 4, sebenarnya bisa kamu atasi, apabila kamu memiliki alat olahraga yang mudah dijangkau di dalam rumah. 

Kalau nomor 3 sih sebenarnya bergantung kepada besarnya niat kamu untuk meluangkan waktu demi olahraga.

Alat yang Min Kucing rekomendasikan adalah alat-alat olahraga dari Kettler Official Store.

Solusi Olahraga di Rumah Jadi Menyenangkan


Solusi Olahraga di Rumah Jadi Menyenangkan
Sumber: Kettlerofficialstore

Kettler Official Store, adalah store khusus yang menyediakan banyak peralatan olahraga yang bakal jadi teman kamu di rumah. Store ini menyediakan lengkap peralatan rumahan untuk workout, fitness dan gym.

Laman etalasenya di Tokopedia, menyediakan banyak kategori untuk alat olahraga di rumah. 

Kamu bisa menemukan perlengkapan untuk boxing, cocok bagi yang ingin latihan tinju di rumah, aksesoris olahraga seperti Press Up Handle, Cast Iron Weight PI, Jump Rope, Dumbell, Pillates Ring dan banyak lagi.

Solusi Olahraga Menyenangkan di Rumah

Ada juga peralatan fitness seperti Ecobike Sepeda Statis yang bisa menemani olahraga pagi kamu di rumah tepatnya di atas balkon atau depan teras rumah.
Atau mana saja yang tempat nyaman di rumah yang kamu inginkan.

Apa Benar Mencuci, Menyapu, Mengepel, Beres-Beres Rumah itu Olahraga?.


Spesifikasi:

  • Electric-tension with 9kg flywheel
  • Monitor: 5.5 inch color-LCD with tablet/phone holder
  • Dimension: 110x56x150cm
  • Max. User Weight: 130kg

Yang paling enak lagi untuk setting unit akan dibantu oleh team ekspedisi, untuk yang diluar Jabodetabek akan dibantu oleh teknisi domisli terdekat. 

Untuk yang tinggal di wilayah Jabodetabek, harga yang ada sudah termasuk dengan biaya antar dan juga pemasangan unit.

Proses pengiriman juga tergolong juga cepat, yakni H+2 setelah order diterima.

Sebenarnya kamu juga bisa olahraga di rumah dengan peralatan seadanya. Hanya saja memang untuk hasil dan dampaknya mungkin tidak secepat jika kamu menggunakan alat-alat olahraga yang mendukung. Motivasi untuk berolahraga juga bakalan tinggi karena;

Ah sudah terbeli, sayangkan kalau gak dipake, bikin sehat juga kok, gak rugi luangkan waktu.

Gimana?, masih mau bilang mencuci, menyapu, mengepel beserta dengan kawan-kawannya adalah olahraga?.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
RajaBackLink.com
Bagian Dari