Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Memahami Konektor HDMI, Display Port, VGA, dan DVI Lengkap

Tidak ada komentar


Memahami Konektor HDMI, Display Port, VGA dan DVI Lengkap

Memahami konektor ? semua sepakat bahwa konektor adalah benda yang mampu mengkoneksikan satu benda ke benda yang lain. 

Itu pasti, karena konektor ditujukan untuk mempermudah benda baru untuk dapat saling berkomunikasi. 

Ibarat kamu yang baru ketemu orang luar negeri, dan kamu tidak paham bahasa inggris, maka kamu butuh translator. Seperti itulah, analogi sederhana daripada kerja konektor.

Memahami Konektor Video


Tidak hanya manusia yang membutuhkan konektor, komputer pun juga butuh konektor untuk dapat mengenali perangkat tambahannya. 

Konektor pada komputer digunakan untuk memahami atau mengenali peripheral seperti printer, projector, dan lain-lain. 

Ada banyak konektor yang digunakan, dan setiap konektor dapat diklarifikasikan menjadi banyak jenis. Salah satunya adalah konektor khusus untuk keperluan video.

Terdapat 4 jenis konektor video yang umum dijumpai. 4 konektor tersebut adalah VGA, HDMI, DVI, dan DP. Kita akan membahas satu per satu dari keempat konektor video tersebut, agar kita dapat memahaminya lebih dalam.

Memahami Kembali Apa Itu VGA


VGA (Video Graphichs Array), menjadi jenis konektor video pertama yang akan kita coba pahami. Konektor video ini merupakan konektor video tertua di dunia, dan hampir setiap komputer atau laptop memilikinya, atau teknologi mid-end. 

Dengan status tertuanya tersebut, VGA menjadi standar grafis video bagi perusahaan lain, untuk membuat konektor atau graphic card terbarukan.

Dibuat pada tahun 1987, VGA Card memiliki ciri khas tersendiri yakni memiliki "bintik lubang" berwarna biru. 

Ciri khas warna biru tersebut memudahkan kita dalam mengenali konektor ini. Mungkin saja, warna biru ini terinspirasi dari warna logo perusahaan pembuatnya, yakni IBM (International Business Machine).

Memahami dengan Baik Apa itu HDMI


Selanjutnya setelah konektor VGA, terdapat konektor HDMI (High-Definition Multimedia Interface). Konektor yang saat ini, menjadi konektor yang paling banyak digunakan. 

Ya, konektor ini masih terbilang baru, karena diciptakan pada tahun 2003 oleh perusahaan HDMI Group. 

Perusahaan yang fokus terhadap untuk menciptakan sebuah alat tranmisi data video dan audio digital agar dapat menghasilkan output yang sempurna, dan HDMI adalah karya mereka.

Definisi Konektor DVI


Konektor ketiga setelah HDMI yang kita akan pahami adalah DVI. DVI sendiri memiliki kepanjangan Digital Visual Interface. 

Konektor ini biasa digunakan pada dekstop, monitor LCD, dan proyektor. 

Adapun pencipta konektor berada dari perusahaan besar teknologi bernama DDWG (Digital Display Working Group), pada tahun 1999. 

DVI ini menjadi konektor tertua kedua di dunia setelah VGA.

Apa Itu Display Port


Konektor keempat atau konektor terakhir yang kita bahas adalah konektor, Display Port atau biasa disingkat DP. 

DP dikembangkan pada tahun 2006, oleh perusahaan Video Electronics Standards Association. Perusahaan ini, Min Kucing prediksi akan segera merajai pasar konektor video, dikarenakan fiturnya yang seolah melengkapi HDMI. 

Fitur tersebut adalah fitur 3D Stereoscopic dan aspek rasio yang sangat lebar yakni 21:9.




Kesimpulan


Kesimpulan dari artikel ini tentu saja, bahwa memahami konektor video amatlah penting. 

Terutama bagi kamu yang sedang mencari konektor yang pas agar output berupa gambar dari desain, pekerjaan, maupun game kamu benar-benar "berasa".

Referensi

  • Perbedaan Jenis Kabel Konektor dan Kegunaanya Untuk Gadget. Acerid.com. 9 Agustus 2019. 5 Mei 2021. https://www.acerid.com/jenis-kabel-konektor-untuk-gadget/
  • Apa itu VGA ? Berikut Fungsi dan Jenisnya. Podfeeder.com. 10 Mei 2019. 5 Mei 2021. http://www.podfeeder.com/teknologi/apa-itu-vga-berikut-fungsi-dan-jenisnya/

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan