Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Visualisasi Informasi Bukan Hanya Tentang Desain

4 komentar

Visualisasi Informasi Bukan Hanya Tentang Desain

Visualisasi Informasi - Membuat informasi menjadi bentuk visual yang lebih mudah dimengerti dan dapat merangkup semua poin dalam informasi tersebut, terdengar seperti masalah yang mudah. 

Jika kita tidak tau dengan apa itu visualisasi informasi, setidaknya di dalam kehidupan pasti pernah melihat poster, infografik, banner, papan reklame, dan lain-lain. 

Hal-hal tersebut, secara tidak langsung adalah bentuk informasi yang divisualisasikan.

Sederhana bukan ? Bisa dikatakan sebagai visualisasi informasi adalah pertarungan seberapa besar daya imajinasi kamu dalam membuat kerangka desain. 

Tetapi kesederhanaan itu akan "berubah 100%"apabila kita mengaitkannya dengan teknologi.Hal inilah yang Min Kucing pahami ketika selesai mengambil mata kuliah Visualisasi Informasi.

Awalnya, Min Kucing merasa bahwa visualisasi informasi hanya seperti "kursus desain" biasanya. 

Sudah ada perangkat atau software yang Min Kucing sediakan seperti, Adobe Illustrator, namun hipotesis Min Kucing salah besar. 

Di mata kuliah ini Min Kucing kembali berjumpa dengan koding. Jadi kita akan mendesain informasi dalam bentuk visual menggunakan bahasa pemrograman

Adapun jenis bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML (HyperText Markup Language). dengan jenis frameworknya adalah Angular dan akrab dengan jenis data json.

Definisi Visualisasi Informasi


Dalam bab 11 dalam buku Interaksi Manusia dan Komputer, oleh Anisya, S.Kom, M.Kom, visualisasi informasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram, atau anmiasi untuk penampilan suatu sistem informasi. 

Teknik ini digunakan untuk membuat pola pengenalan manusia terhadap bias scanning, recognizing dan remembering images. 

Prinsip visualisasi ini sendiri fokus pada konten, integritas, resolusi tinggi dan utiliitas.

Jenis Visualisasi Informasi


Terdapat 5 jenis visualisasi informasi yang akan kita temui. 

Setidaknya inilah 5 jenis yang Min Kucing dapat dari penjelasan Arkan Perdana di glints.com

5 jenis visualisasi informasi tersebut adalah temporal, hierarki, network, multidimensi, dan geospasial. Tentu saja tiap jenis visualisasi informasi memiliki fungsi dan bentuk tampilan yang khas.

Berikut adalah penjelasan masing-masing visualisasi informasi tersebut ;

Temporal. Bentuk visualisasi informasi yang umumnya berbentuk garis dan lebih sering digunakan untuk menggambarkan rangkaian data berbentuk linear. 

Contoh timeline desentralisasi pemerintahan Indonesia di bawah ini

Contoh Visualisasi Informasi dalam Pemerintahan Indonesia
Sumber: Google Images

Hierarki. Jenis visualiasi yang memiliki fungsi khas untuk menggambarkan hubungan antara 1 kelompok dengan kelompok lainnya. 

Gampangnya seperti membuat silsilah keluaga. Contoh hierarki pangkat Angkatan Laut dalam dunia One Piece, di bawah ini;

Memahami Visualisasi Informasi dari Struktur Angkatan Laut di One Piece
Sumber: Google Images

Network.Adalah teknik visualisasi data yang menghasilkan dataset, dengan dataset tersebut dapat saling berpengaruh satu sama lain.Contohnya adalah node link diagram atau work cloud. 

Begitu yang Min Kucing jumpai di literatur online. 

Agar lebih mudah Min Kucing berikan contoh ikatan hidrogen di bawah ini, yang pastinya atom atau senyawa saling berkaitan sehingga membentuk sebuah ikatan.

Visualisasi Informasi dari Ikatan Kimia
Sumber: Google Images

Multidimensi. Teknik visualisasi informasi yang digunakan untuk menggambarkan banyak dimensi. Contohnya seperti histogram, pie chart dan sejenisnya. Contoh perkembangan hukum moore selama 120 tahun di bawah ini;

Memahami Jenis Jenis Visualisasi Informasi
Sumber: Google Images

Geospasial, bisa dibilang sebagai teknik visualisasi yang paling canggih karena dapat merepresentasikan wujud nyata dari benda yang memiliki suatu data untuk kemudian di tampilkan. 

Ya, contohnya terdapat pada Google Maps, yang mampu menampilkan data berupa gambar yang nyata dari suatu lokasi. 

Contoh lain adalah heatmap, atau peta yang sering dijumpai saat menonton acara perkembangan cuaca di televisi.

Cara Memvisualisasikan Informasi


Cara memvisulisasikan informasi, tentu saja sangat beragam. Saat di perkuliahan mata kuliah ini, Min Kucing menggunakan tools excel dengan ekstensi datanya berupa json. 

Namun, dikala pertengahan, tools yang digunakan lebih kepada angular, dengan ekstensi data filenya berupa json. 

Dapat dikatakan saat itu tugas akhir, menggabungkan unsur multidimensial, geospasial, dan network.

Tugas akhir saat itu dikerjakan oleh satu kelas dengan membuat sebuah peta Indonesia yang mampu menampilkan informasi unik di setiap daerahnya. 

Jenis informasi yang ditampilkan sangatlah beragam dengan berbagai bentuk, dan data json masing-masing mahasiswa saling terhubung dalam projek di Github.com.

Secara umum, cara memvisualisasikan data lebih kepada penggunaan jenis grafik, font, dan warna. Usahakan semaksimal mungkin untuk membuat data yang muncul benar-benar menjadi informasi yang mudah dimengerti.

Mungkin kamu data membaca Tips dari Nor Iffadathul Faddila tentang Visualisasi Data di sini

Kesimpulan


Mata kuliah Visualisasi Informasi ini terbilang sangat berat, terutama bagi kamu yang pusing tentang seperti apa data harus ditampilkan. 

Apakah data akan dirangkai menjadi bentuk ini atau itu. 

Tetapi, ini bukan berarti kamu yang terbiasa mendesain, menjadikan visualisasi informasi menjadi mudah. 

Diperlukan juga kemampuan koding yang cukup agar kamu dapat merumuskan tampilan kamu menjadi sebuah file data, yang nantinya dapat digunakan lagi di aplikasi yang berbeda.

Referensi

  • Bab XI Visualisasi Informasi. Sisfo.itp.ac.id. ~. 8 April 2021. https://sisfo.itp.ac.id/bahanajar/BahanAjar/Anisya/Bahan%20IMK%20-%20HandBook/Materi%20Minggu-11%2C12.pdf
  • Data Visualization : Cara Tampilkan Data agar Mudah Dipahami. Glints.com. 18 Januari 2021. 8 April 2021. https://glints.com/id/lowongan/data-visualization-adalah/#.YG8inOgza00

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan