Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Belajar FB Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus #3

3 komentar

Belajar FB Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus

Belajar FB Ads lagi ?, sudah lama kita tidak mempelajarinya. Di seri 3 belajar FB Ads ini kita akan belajar solusi ketika akun iklan yang kita gunakan terkena AME. Apa itu AME ?, 

AME adalah singkatan dari Ads Manage Error. Ads Manage Error akan terjadi apabila akun yang kita gunakan melakukan kecurangan. Kecurangan tersebut adalah melanggar kebijakan periklanan ataupun Term of Service.

Tetapi, taukah kamu terkadang algoritma Facebook sering salah menerjemahkan kecurangan yang ada. Beberapa akun menjadi korban akibat algoritma ini. 

Mengapa jadi korban ?, karena banyak ditemukan kasus akun yang memang tidak melanggar kebijakan iklan sama sekali. Lalu apa yang kita lakukan bila kasus tersebut sudah menimpa akun kita ?.

AME akan membuat akun kita miliki koneksi akun terbatas. Akun iklan Facebook yang terbatas berbeda-beda tiap orang. 

Ada yang terbatas pada satu masalah seperti pengelolaan iklan, akun iklan, aset bisnis, atau semuanya. Akun terbatas inilah yang sekarang sedang Min Kucing alami. Untuk mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui sebab akun ini menjadi terbatas atau AME.

Belajar Memahami Sebab AME


Pertama, AME dapat terjadi karena struktur iklan yang tidak mematuhi aturan Facebook. Struktur iklan ini terdiri dari deskripsi, gambar, landing page, dan juga payment source. 

Untuk membuat akun iklan aman dari AME, usahakan deskripsi tidak mengandung kata-kata yang vulgar. Tidak mengandung kata-kata yang sifatnya overrated. 

Untuk contoh kata-katanya Min Kucing tidak bisa pastikan, karena beberapa akun bahkan masih aman meski copywriting yang digunakan terlalu mengada-ngada.

Kedua, adalah gambar. Jangan gunakan gambar dengan atribut berlebihan. Apalagi dari atribut yang berasal dari facebook.com. Contoh logo facebook, IG, WhatsApp. Jangan pula gunakan gambar yang sarat makna pornografi ataupun SARA dan rasis, begitu juga dengan video.

Ketiga, adalah landing page. Sama seperti sebelumnya, landing page harus dibuat agar tidak mengandung kata bersifat overrated ataupun gambar yang bermasalah. 

Terakhir, adalah payment source. 1 Payment source sebaiknya digunakan untuk 1 akun bisnis dan 1 akun iklan. Payment source yang biasa digunakan biasanya adalah kartu debit dari Bank Permata ataupun Jenius.

Setelah membahas payment source, sebab lain AME tidak dari struktur iklan adalah tunggakan pembayaran iklan yang berlarut-larut.

Meninjau AME, Bagian dari Belajar FB Ads


Apabila kamu telah terkena AME, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah Meninjaukannya pada Facebook.

Untuk meninjaunya, silahkan masuk ke ads manager facebook kamu. Di dalam ads manager tersebut, pilih menu dengan fitur bisnis. 

Di fitur bisnis, pilih kualitas akun. Kualitas Akun akan menerangkan status AME yang kamu alami, apakah permanen atau tidak.

Fitur Bisnis Facebook Ads
Sumber: Facebook

Bila belum permanen, kamu bisa minta peninjauanya. 

Biasanya tombol peninjaunya ada di menu bagian kanan. Klik tombol minta tinjau, lalu ikuti cara yang ada dengan isi kolom sesuai data, pernyataan tidak melanggar, dan setelahnya tinggal tunggu hasil.

Adapun hasil Min Kucing sendiri adalah peninjauan ditolak. Hasil peninjauan yang ditolak inilah yang menjadikan solusi untuk Min Kucing membuat akun bisnis yang baru.

Akun Terkena AME
Sumber: Facebook

Jika itu akun facebook, maka segera buat akun facebook yang baru.

Kesimpulan


Pada akhirnya, inilah cara untuk mengatasi AME. 

Cara ini tidak 100% worth it, tapi gak salah untuk dicoba. Min Kucing sendiri mengatakan cara ini 50% worth it, karena banyak akun bisnis Min Kucing yang kena AME, dan kembali lagi setelah peninjauan. Waktu tunggu peninjauan sendiri beragam, bisa 3 hari atau bahkan lebih. 

Beberapa peninjauan bahkan meminta KTP.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan