Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Belajar FB Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus #4

2 komentar


Belajar Mencari Audiens untuk Iklan Facebook

Belajar FB Ads di kucingkomputerin telah mencapai seri 4.  Mungkin, kamu sudah lama menunggu seri pembelajaran ini. 

Sebelumnya, Min Kucing meminta maaf bila artikel FB Ads termasuk lama muncul di blog ini, dan sepertinya artikel ini akan menarik.

Sangking menariknya, Min Kucing yakin belajar FB Ads seri keempat ini akan memberikan wawasan baru kepada kamu terutama tentang mencari audiens. 

Ya, dengan Facebook kita bisa mendapatkan audiens dengan mudah. 

Lalu, apa itu Audiens?, audiens bisa kita sebut sebagai target iklan semisal kita menargetkan iklan khususu kepada mereka yang menyukai komputer, handphone ataupun hal-hal yang berhubungan dengan teknologi.

Jadi, dengan belajar menargetkan secara khusus tujuan iklan sesuai dengan sasaran iklan, maka tingkat customer yang datang bisa saja bertambah. 
Karena mereka mendapatkan informasi sesuai dengan kebiasaan mereka di Facebook. 

Ini logika sederhana, karena jika kita menjual peralatan teknologi kepada user Facebook yang doyannya pada hal-hal yang berbau kesehatan, maka tujuan iklan tersebut kurang tepat.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita segera mulai belajar FB Ads seri 4 ini.

Belajar Mencari Audiens FB Ads dari Audience Insights


Pertama, FB Ads bukanlah senjata marketing yang hanya bisa menembak ke segala arah. 

Lebih dari itu, FB Ads adalah senjata marketing yang bisa digunakan sebagai pembuat strategi perang yang jitu. Untuk memahami proses belajar ini, silahkan login akun masing-masing, dan buka laman facebook.com/adsmanager/

Facebook Ads Manager
Sumber: Kucingkomputerin.com

Setelah itu, beralih pada menu dengan icon hamburger, dan pilih di dalamnya fitur insight pemirsa di barisan menu Analisa dan Laporan.

Pengelola Audiens Facebook Ads
Sumber: Kucingkomputerin.com

Ikuti tur yang tersedia. Ingat, terkadang Facebook sering error dalam menafsirkan kegiatan kita berjualan dengan FB Ads. Agar tidak terlalu mencolok, maka setiap terdapat tur penggunaan tools, maka ikuti saja.

Kesannnya agar kita benar-benar baru belajar dan tidak dicurigai mengakali sistem. Facebook, adalah perusahaan besar yang selalu mengalami perkembangan di setiap lini usaha mereka, tak terkecuali dengan FB Ads. 

Inilah notifikasi yang Min Kucing temukan, bahwa Audience Insights is Going Away Soon.

Audience Insights is Going Away Soon
Sumber: Kucingkomputerin.com

Kita lanjut saja mempelajari cara mencari Audiens. Inilah tampilan utama dari Audience Insights.

Tampilan Audience Insights
Sumber: Kucingkomputerin.com

Jadi Audience Insights menampilkan visualisasi data User Facebook dari usia, status hubungan, tingkat pendidikan, jabatan, suka halaman, kegiatan dan lain-lain. 

Tentunya data ini didapatkan Facebook dari kegiatan kita memberikan data, semisal mengisi profil Facebook, update post, suka halaman tertentu, dan lain-lain. Ya, jangan parnoan, karena data-data seperti ini juga aplikasi lain gunakan.

Di sini Min Kucing akan memberikan contoh belajar untuk mencari audiens dengan sasaran iklan berhubungan dengan teknologi di Indonesia.

Pertama fokus pada 4 variabel di bawah, yakni lokasi, Usia dan Jenis Kelamin, Umur, dan Minat.

Mencari Pemirsa untuk Iklan Facebook
Sumber: Kucingkomputerin.com

Anggap tujuan kita agar Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepulauan Riau, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Apabila kamu ingin menargetkan negara yakni negara Indonesia, kamu tidak perlu lagi menulis nama-nama provinsi di Indonesia.

Untuk usia, Min Kucing menargetkan usia yang matang, yakni mereka-mereka yang pada umumnya di usia tersebut telah bekerja. Min Kucing menargetkan iklan pada rentang umur mulai 25 hingga 45 tahun. Sesuaikan dengan kasus kamu.

Selanjutnya, untuk jenis kelamin, Min Kucing menggunakan semua. Ya, beberapa produk mungkin hanya bisa ditargetkan pada satu jenis gender, semisal jual jilbab, lingerie, ataupun produk wanita lainnya.

Terakhir pada minat, Min Kucing akan coba tuliskan Teknologi Informasi, Teknologi, Xiaomi, Oppo, dan Elon Musk. 

Apa maksudnya? 

maksudnya Facebook akan mencari target iklan kita yang memiliki minat terhadap Teknologi Informasi, Teknologi, Xiaomi, Oppo, dan Elon Musk.

Cara Mencari Audiens di Facebook Ads
Sumber: Kucingkomputerin.com

Selanjut belajar seri 4 FB Ads, akan pada penentuan target iklan dengan kriteria hubungan, halaman yang mereka sukai. 
Untuk ini kamu bisa hasil demografi dari filter yang tadi telah Min Kucing lakukan.

Demografi Audiens
Sumber: Kucingkomputerin.com

Maknanya, orang-orang yang berada di 4 Provinsi tadi, dengan rentang umur dari 25 sampai 45 tahun, yang memiliki minat terhadap Teknologi Informasi, Teknologi, Xiaomi, Oppo, dan Elon Musk, rata-rata adalah mereka yang sudah menikah, dan tingkat pendidikan mereka adalah Perguruan Tinggi.

Penentuan Audiens biasanya berhenti pada variabel lokasi, umur, jenis kelamin, minat, dan hubungan. Untuk suka halaman, dan tingkat lanjut, bisa Min Kucing katakan sebagai opsional.

Belajar FB Ads Gratis Tanpa Harus Ikut
Sumber: Kucingkomputerin.com

Filter kita juga berhasil menerangkan bahwa target iklan menyukai Halaman kategori apa dan apa halaman tersebut.

Filter Kategori Audiens
Sumber: Kucingkomputerin.com

Selebihnya, kamu bisa lakuan improvisasi sendiri. Untuk menyimpan hasil pencarian Audience ini, kamu bisa gunakan tombol Simpan.

Simpan Audience

Beri nama pada Audience tersebut, lalu simpan. Pemirsa Anda akan tersedia di bagian Pemirsa di Pengelola Iklan.

Pemirsa Tersimpan

Terakhir, audiens tersebut bisa dilihat di sini ya.
 
Belajar FB Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus

Kesimpulan


Pada akhirnya, mencari Audiens dapat kita lakukan dengan bantuan Facebook sendiri. Belajar mencari audiens ini bukanlah pembelajaran teori, melainkan langsung pada praktek. 

Artinya ketika kamu mendapatkan settingan Audiens, bukan berarti settingan tersebut akan langsung membuat jualan jasa atau produk kamu laris manis. Tetap ada trial and error. 

Semoga bermanfaat.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan