Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Gimana Caranya Menjalankan Bisnis Reseller?

Tidak ada komentar


Gimana Caranya Menjalankan Bisnis Reseller?

Artikel ini berjudul Gimana Caranya Menjalankan Bisnis Reseller?.

Pertanyaan ini mungkin sudah basi di antara banyak sesepuh, lord di dunia bisnis. Meskipun begitu, selalu ada saja yang mencari cara yang tepat untuk menjadikan bisnis ini, datangkan banyak cuan.

O iya di sini Min Kucing akan memberikan 5 cara bagaimana menjalankan bisnis reseller ini dapat berjalan.

5 cara ini dapat kamu gunakan sebagai pemilik bisnis dan ingin menjalankan program reseller.

Mulai dari Pengertiannya Dulu..


Sebelum lanjut pada 5 cara menjalankan bisnis reseller. 

Ada hal yang harus kita ketahui pertama kali terlebih dahulu. Hal yang pertama kali kita harus ketahui dan juga kita samakan definisinya.

Definisi yang tepat tentu akan membantu kita menjalankan bisnis yang tepat pula.

Program reseller adalah program yang dibuat untuk promosi produk lebih efektif, bertujuan juga untuk membantu orang lain agar mereka mendapatkan cuan.

Program ini, akan menjadikan produk atau jasa anda menjadi turun harganya kepada reseller, dan kemudian reseller dapat memasarkannya kembali dengan harga yang lebih tinggi, atau sesuai dengan perjanjian dengan kamu sebagai supplier-nya.

Oke, sudah jelas bukan?.

5 Cara Menjalankan Bisnis Reseller.


Pertama, adalah dengan Membuat Harga Acuan.Harga ini bisa kamu tentukan sebagai pemilik bisnis kepada reseller. Penentuan harga acuan ini, tentunya akan membantu kamu untuk mengawasi kualitas produk.

Mengapa?.

Harga produk yang berbeda-beda tentunya akan menjadikan persepsi produk kamu menjadi jelek.

Kedua, adalah dengan Menetapkan Margin atau Perbandingan Harga.Berikutnya adalah dengan menetapkan margin.

Namanya juga program reseller, yang pastinya mereka yang ikut program ingin dapat untung. Oleh sebab itu, pastikan kamu sebagai pemilik bisnis dapat mengatur margin dengan baik.

Ketiga, yang mau ikut program Minimal Harus Beli Sejumlah atau Senilai Sekian...Yang ketiga adalah menetapkan persyaratan khusus untuk mereka yang mau ikut dengan membeli produk sejumlah atau senilai yang kamu tetapkan. 

Sistem ini akan sangat menguntungkan kamu sebagai pemilik bisnis, dan juga memudahkan reseller untuk nyetok banyak barang.

Di beberapa tempat di Yogyakarta, Min Kucing juga sering menemukan program reseller dengan sistem ini.

Keempat, Mau Jadi Reseller? Jadilah Member Awak Dulu.Yang keempat ini adalah dengan sistem member.

Mereka yang mau ikut program, biasanya harus mematuhi beberapa peraturan cukup banyak untuk menjadi member. Mereka yang jadi member ini biasanya akan mendapatkan banyak potongan harga, reward dan lain-lain.

Ya, Min Kucing dapat sebutkan contoh reseller kosmetik atau skincare dari perusahaan produk A.

Di Facebook Min Kucing juga banyak menemukan postingan reward brand tertentu pada reseller-nya.

Kelima, Terserah Apa yang Dimau Reseller.Yang terakhir adalah terserah apa yang dimau oleh reseller.

Untuk sistem seperti ini, reseller dapat mark up harga sebebas-bebasnya. Biasanya digunakan untuk produk-produk yang tidak memiliki harga standar.

Contoh saja kita membeli baju bekas dengan harga sekian, dan menjualnya sekian (lebih tinggi) karena kita tau kualitas, desain, dan brand-nya yang ternama atau punya nilai estetik tersendiri.

Kesimpulan


Inilah penjelasan singkat dan padat mengenai gimana caranya untuk menjalankan bisnis reseller. Terdapat 5 cara yang bisa kamu lakukan. Min Kucing sudah jelaskan lengkap di dalam artikel ini. Kunci penting dari pelaksanaan bisnis reseller adalah keterbukaan dan juga koordinasi yang bagus dengan reseller.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan