Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu

Tidak ada komentar

Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu

Apa yang pertama kali kamu lakukan ketika akan membeli smartphone baru ?.

Beberapa dari kamu, mungkin memiliki persiapan yang matang sebelum memutuskan smartphone apa yang akan dibeli. 

Dan pastinya mereka ini sudah punya list apa saja kebutuhan yang dapat terpenuhi dengan pembelian smartphone barunya.

Beberapa yang tidak, mungkin baru akan benar-benar mencari smartphone di lapak smartphone. 

Tidak mengapa memang, tapi apakah kamu akan tahan dengan Genjutsu-Genjutsu dari sales yang justru menawarkan spesifikasi smartphone yang tidak sesuai dengan kebutuhan kamu.

Buat yang belum tau, Genjutsu adalah jurus ilusi yang dipopulerkan pertama kali oleh serial kartun Jepang (Anime = adalah bahasa Jepangnya animasi, so ya kartun, gak usah debat), Naruto. 

Jurus ini digunakan untuk mengelabui lawan, sehingga mudah untuk diserang.

Disclaimer Terlebih Dahulu


Artikel ini tidak ada tujuan sama sekali untuk menjelekkan image sales di mata pembaca. Mereka, ya hanya menawarkan produk-produk mereka agar laku saja.

Hanya saja, tak bisa dipungkiri memang dan tak mau munafik juga, masih banyak sales yang meskipun kita sudah menetapkan kebutuhan kita pada spesifikasi yang diperlukan, mereka malah menawarkan produk mereka yang lain, yang kualitasnya di bawah standar spesifikasi kebutuhan kita.

Beberapa bahkan memberikan saran seperti memaksa. Tapi Min Kucing sekali lagi mengingatkan;

TIDAK SEMUA BEGITU, TAPI SEBAGIAN ADA. JANGAN KARENA SEBAGIAN MELAKUKAN, YANG LAIN PUN DIPUKUL RATA.
 
Ya, tentu saja ini adalah opini Min Kucing pribadi, apabila kamu memiliki kacamata yang berbeda, kamu bisa menulis nanti opini kamu di kolom komentar ya.

Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu


Min Kucing rasa disclaimer di atas sudah lebih cukup untuk menjelaskan bahwa sales hanya menjalankan prosedur saja. 

Apabila masih kurang, kamu bisa melihat penjelasan dari David Gadgetin, reviewer technology yang paling jujur menjelaskan kelebihan dan kekurangan produk. 

Simak video review meme David di bawah sini secara lengkap.


Oke kita lanjut pada tips yang pertama, yakni menentukan kebutuhan terhadap smartphone baru.

1. Menentukan Terlebih Dahulu Kebutuhan


Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu
Sumber: Google.com

Buat list tentang keperluan apa saja yang kamu harapkan bisa terpenuhi dengan pembelian smartphone baru. 

Apabila kamu memerlukan smartphone yang digunakan untuk keperluan multimedia, seperti desain ataupun video, maka pastinya kamu butuh spesifikasi smartphone yang;

  • Punya kuallitas pengambilan gambar yang mumpuni. Kamu bisa saja mengambil smartphone model kekinian dengan 3 kamera belakang, dengan 1 kamera berfungsi untuk ultra wide, 1 untuk micro, dan 1 yang utama.
  • Processor yang memungkinkan kamu untuk bekerja lebih cepat. Karena kebutuhan yang diperlukan adalah untuk keperluan editing, maka kamu butuh smartphone yang punya spesifikasi processor tinggi. 
  • Untuk gampangannya, kamu bisa lebih memilih procsessor Snapdragon ketimbang Media Tek Helio generasi lama. Untuk sekarang, media tek juga sudah mulai berkembang dan bisa dikatakan cukup untuk bersaing dengan Snapdragon. Selain kedua merk processor ini, kamu juga bisa mempelajari processor andalan milik Samsung bernama exynos.
  • RAM dan ROM, yang sesuai. Apabila processor yang diperlukan besar, maka besar juga RAM dan ROM yang diperlukan. Pastikan juga daya tahan baterainya memadai, seperti berada di sekisar angka 5000 mAh
  • Mempertimbangkan elemen lain seperti bentuk desain, dari warna, material casing dan lain-lain. Bagian ini mungkin jarang diperhatikan bila dibandingkan 3 bagian sebelumnya. Beberapa juga mulai menyukai desain fingerprint di area samping seperti di Smartphone Vivo.

2. Mencarinya Langsung di Lapak ? Bukan Opsi yang Etis.


Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu
Sumber: Youtube.com

Perbanyak tonton channel-channel yang membahas kelebihan dan kekurangan smartphone yang kamu incar. 

Dapatkan insight baru dari penjelasan yang ada, karena review review seperti ini jelas menggunakan 2 kacamata yang berbeda. Ada kacamata yang baik, dan ada kacamata yang digunakan mengomentari bagian kekurangan.

Min Kucing paling suka ketika David Gadgetin, menjelaskan kelebihan dan kekurangan tentang Polemik Laptop 10 Juta Dari Pemerintah secara berimbang. Cara-cara seperti ini lebih etis, bila dibandingkan mencarinya langsung di lapak smartphone.

Karena ya, kamu perlu waktu yang lebih banyak lagi mempelajari spesifikasi smartphone, dan itupun jika kamu tidak terkena genjutsu.

3. Membelinya di Gerai Resmi


Sumber: Tokopedia.com

Setelah menetapkan smartphone yang ingin dibeli, ada baiknya kamu membelinya di gerai yang resmi. 

Karena sales di gerai yang resmi baik online atau tidak, setidaknya, dia tidak akan menawarkan brand lain yang mungkin kualitas berada di spesifikasi kebutuhan kamu.

4. Ajak Teman yang Care dan Bawel


Tips Membeli Smartphone Baru
Sumber: Google.com

Berikutnya adalah dengan mengajak teman yang benar-benar care dan bawel saat kamu akan membeli smartphone. Teman yang care inilah yang nantinya bisa membantu kamu dalam memutuskan smartphone mana yang terbaik.

Sebagai tips tambahan, jauhin teman-teman yang membicarakan sesuatu yang bukan solusi, tapi ia menganggap itu solusi. Bingung ?

Oke, semasa Min Kucing masih awam masalah spesifikasi headphone, Min Kucing mengajak satu teman yang kira-kira dia bisa menjadi konsultan IT dadakan. 

Sayangnya yang diharap justru lebih banyak PLONGA PLONGO. Ketika barang sudah terbeli, ia malah berkata di kemudian hari, mending beli ini saja, lebih bagus.

Dang It Bro !!!

Memberikan solusi seakan sesuatu tersebut belum terjadi, tidak akan pernah membantu sama sekali. Seharusnya Kamu Seperti Beli Ini, Atau Kalau Aku Beli Yang Ini. Gambar di tips 4 ini, menggambarkan teman yang seperti itu

5. Keputusan Beli Tidak Ya, Anda yang Nentuin


Tips Membeli Smartphone Baru Tanpa Terkena Genjutsu
Sumber: Google.com

Semua tips di atas, tentu akan balik ke keputusan kamu sendiri. Untuk hal yang seperti ini, tentunya kamu bisa memikirkannya tanpa beban yang berarti.

Smartphone bagus dan jelek itu, sebenarnya menurut Min Kucing relatif. 

Tapi smartphone yang benar-benar bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan yang ada, sepertinya tidak pernah relatif.

Kesimpulan


Itulah beberapa tips untuk membeli smartphone baru tanpa harus merasa terkena genjutsu.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan