Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Belajar Google Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus #6

Tidak ada komentar

Belajar Google Ads Gratis Tanpa Harus Ikut Kursus #6

Belajar Google Ads di kucingkomputerin telah mencapai seri keenam. Seri keenam ini, kita akan mengetahui cara untuk membuat iklan berjenis Display.

Apa itu iklan Google Display?


Google Display Network, adalah iklan yang muncul dengan tampilan gambar ataupun video. Iklan inilah yang akan tampil pada website-website yang telah menayangkan adsense.

Sebagai contoh, lihatlah gambar di bawah ini;
 
Contoh Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Tidak hanya untuk website, di Youtube pun kita bisa memasang iklan Google Display Network.

Bukan tampil dalam bentuk video yang menganggu dalam konten video channel tersebut, tetapi tampil di samping channel tersebut. Lihatlah contoh di bawah ini.

Contoh Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Tampilan iklan tersebut akan sama halnya dengan tampilan yang ada di mobile. Hanya saja iklan versi mobile berada di bawah konten video channel.

Perlu kita ketahui, iklan Google Display Network adalah iklan yang paling banyak advertiser pelajari. Alasan utamanya adalah jangkauan Google Display Network yang lebih luas namun bisa tertarget.

Ya, dengan Google Display Network, kita bisa menembak iklan pada banyak situs atau channel Youtube pilihan kita. Tentunya kita dapat memilih situs dan channel Youtube yang relevan dengan konten iklan kita.

Meskipun memilih situs atau channel Youtube yang selalu ramai seperti chanel artis, juga tidak ada masalah.

Kita akan belajar mengenai penempatan khusus iklan Google Display Network pada artikel khusus, yakni belajar tentang placement.

Dari keterangan di atas, kita jadi tau bahwa Google Display Network punya dua komponen penting di dalamnya. Yakni gambar dan video, yang tentu saja Google punya ketentuan tersendiri.

Format yang bisa kita gunakan untuk gambar adalah GIF, JPG, PNG. Sedangkan untuk video adalah format standar MP4, dengan durasi yang Google sarankan mulai dari 15 detik, dan tidak lebih dari 3 menit.

Terdapat 13 jenis ukuran untuk iklan gambar pada Google Display Network yang bisa kita gunakan. Kita akan belajar 5 jenis ukuran yang biasa Google Advertiser gunakan.

Untuk sisanya akan kita bahas di artikel mendatang.

Belajar Ukuran Gambar Rekomendasi untuk Iklan Google Display Network


5 ukuran gambar yang biasa G.Advertiser gunakan untuk iklan ini adalah, Medium Rectangle, Large Rectangle, Leaderboard, Wide Skyscaper, dan Mobile Banner.

Medium Rectangle


Ukuran Medium Rectangle yakni 300 x 250 adalah ukuran yang biasa advertiser gunakan memulai proses belajar Google Display Network.

Iklan ini bisa tampil pada bagian sidebar, footer ataupun berada di dalam konten artikel sebuah website. Iklan jenis ini juga compatible untuk dapat tampil di platform mobile.

Agar kamu memiliki gambaran yang jelas mengenai letak biasanya iklan berada, perhatikan gambar di bawah ini secara seksama ;


Belajar Jenis Jenis Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Kotak berwarna biru yang ada pada gambar di atas, melambangkan letak iklan medium rectangle biasanya berada.

Adapun layout dari gambar di atas, Min Kucing sesuaikan dengan tampilan Kucingkomputerin..(Terdahulu)

Large Rectangle


Iklan ini akan tampil pada bagian konten artikel sebuah website dan punya bentuk persegi panjang.

Bentuknya hampir sama seperti ukuran dengan ukuran medium rectangle, hanya saja ukurannya yang sedikit lebih besar. Ukuran Large Rectangle adalah 336 x 280.

Berikut gambaran letak daripada iklan large rectangle ;

Belajar Jenis Jenis Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Perhatikan kotak berwarna merah, kotak tersebut melambang letak iklan dengan ukuran large rectangle biasanya berada.

Mobile Banner


Berikutnya, adalah Mobile Banner. Sesuai dengan namanya, iklan jenis ini sangat cocok untuk tampil di perangkat mobile.

Ukurannnya adalah 320 x 100, dan letak dari jenis iklan ini biasa berada di bawah header website atau judul artikel maupun akhir konten artikel.

Berikut adalah gambaran letak daripada iklan mobile banner ini ; (perhatikan kotak kuning)

Belajar Jenis Jenis Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Wide Skyscraper


Ukuran selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah Wide Skyscraper. Biasa tampil pada bagian sidebar website.

Ukurannya adalah 160 x 600. Perhatikan kotak berwarna ungu pada gambar di bawah ini, untuk mendapatkan gambaran letak iklan ini biasanya berada.


Belajar Jenis Jenis Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

LeadorBoard


Terakhir adalah ukuran LeadorBoard, 728 x 90. Biasanya muncul pada bagian awal atau akhir daripada konten. Di kucingkomputerin sendiri, iklan ini berada pada awal konten di atas featured content (tampilan terdahulu) 

Perhatikan kotak berwarna hijau di bawah ini. Di sanalah Min Kucing menempatkan slot iklan berjenis leaderboard untuk Kucingkomputerin.

Belajar Jenis Jenis Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

Sebab utama daripada 5 jenis ukuran iklan ini paling banyak advertiser rekomendasikan adalah karena letak mereka yang strategis. Serta 5 jenis ukuran iklan ini, jarang menganggu aktivitas pengunjung website.

Tools untuk Belajar Membuat Iklan Google Display Network


Ada banyak tools yang bisa kita bisa gunakan untuk belajar lebih dalam mengenai cara membuat konten iklan Google Display Network.

Tidak ada satupun, advertiser yang membatasi penggunaan tools untuk membuat konten iklan Googe jenis display.

Kita dapat menggunakan aplikasi mode desktop seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, Photoshop, dan lain-lain.

Apabila kita tidak punya cukup skill dan waktu untuk membuatnya via Adobe Illustrator dkk, maka kita bisa gunakan platform online.

Satu nama yang bakal mencuat dalam daftar, tentu saja adalah Canva.

Canva telah menyediakan berbagai template, dimulai template untuk konten sosial media, hingga untuk konten iklan, baik Facebook dan Google Ads

Tentunya kamu dapat mencoba platform online yang sejenis, seperti Visme, ataupun Picktochart.

Teruntuk pecinta mobile, baik Android, ataupun iOS, kamu dapatkan gunakan aplikasi yang relevan, yang tersedia di Play Store, ataupun App Store.

Tips untuk Desain Gambar dan Video Iklan Menarik


Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kita gunakan agar menarik pengunjung untuk segera mengkliknya ;

  • Pastikan kamu memahami konsep desain sederhana, seperti, warna teks yang harus tampak jelas ketimbang latarbelakang.
  • Jangan sampai warna teks dan latarbelakang, sama persis sehingga pesan tidak tersampaikan.
  • Gunakan teknik hard sale maupun soft sale, pertajam pemahamanmu tentang Copyads.
  • Jangan berlebihan menggunakan aksesoris, seperti gradient, button, dan lain-lain. Pastikan bahwa pesan utama daripada iklan tersebut lebih menonjol.

Belajar Membuat Iklan Google Display Network


Setelah mempelajari 5 jenis ukuran iklan Google Display Network yang banyak advertiser rekomendasikan, maka saatnya untuk kita belajar memasang iklan.

  • Langkah-langkah awal yang harus kita kita lakukan kurang lebih sama, seperti pada saat kita membuat iklan Google Search Network. Perbedaannya hanya terletak pada saat kita memilih tipe kampanye kita, yakni Display.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Setelahnya, perhatikan subtype daripada iklan display yang akan kita buat. Di sini Min Kucing lebih memilih untuk membuat iklan google display dengan mode standar.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Masukkan nama bisnis kamu pada kolom yang tersedia, semisal www.situskamu.com, lalu tekan Continue.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Berikutnya, isi atribut dari kampanye display yang tadi kita buat. Isi atribut mulai dari nama kampanye, lokasi target kampanye, dan lain-lain.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Jika kamu ingin lebih ingin memiliki pasar yang lebih tertarget, maka kamu bisa mengubah demografi tujuan iklan. Kita dapat menentukan target pasar berdasarkan sasaran gender tertentu, rentang umur sekian, status tertentu dalam keluarga, dan persenan pendapatan target.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Min Kucing memilih untuk unchecklist kategori unknown. Dampaknya, user internet yang melakukan browsing tanpa masuk ke dalam akun Google mereka, tidak akan masuk target pemasaran. Tentu saja, ini untuk menyempitkan target pasar.
  • Lanjut pada proses pembuatan iklan Google Display Network. Proses ini sama halnya dengan proses membuat iklan Google Search Network.
  • Perhatikan indikator kekutaan iklan yang telah Google sediakan. Pastikan nilai kekuatan iklan tersebut berada pada lingkup rata-rata atau lebih dari rata-rata.

Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Isi bagian iklan sesuai dengan kolom yang ada. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu gambar dan video iklan kamu tidak melanggar ketentuan Google. Contohnya seperti mengandung SARA, Pornografi, dan hal-hal negatif yang sejenis.
  • Pastikan pula untuk mengisi headline dan description yang ada, sesuai dengan PUEBI dan tidak overclaim.
 
Cara Membuat Iklan Google Display Network
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Apabila selesai, kamu bisa menekan tombol Create Ads, dan bila diminta untuk mengisi iklan responsif, kamu cukup lakukan cara yang sama, dengan teks, gambar, atau video yang boleh berbeda.

Kesimpulan


Google Display Network, adalah salah satu jenis iklan Google Ads dengan konten utamanya adalah gambar dan video. Adapun proses belajar Google Display Network, dimulai dari memahami ukuran gambar iklan yang banyak advertiser gunakan.

Setelah mengetahui rekomendasi ukuran gambar iklan yang baik,kita bisa mencoba untuk testing konten iklan tersebut. Worth It atau tidak ?.

Semoga bermanfaat.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan