Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding

Tidak ada komentar


Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding

#BanggaJadiBlogger - Min Kucing adalah sebutan admin di blog Kucingkomputerin.com. Sebuah blog yang sudah berjalan lebih dari 1 tahun, semenjak Maret 2021. 

Blog ini mengawali kiprah Min Kucing di dunia blog secara mandiri, dan pertanda hijrah dari blog sebelumnya yakni lautan-it.com (Sekarang sudah tidak ada).

Perjalanan Min Kucing di blog terbaru ini menjadikan Min Kucing lebih leluasa dan tidak lagi One Man Show seperti blog sebelumnya, karena katanya milik bersama tapi yang banyak pontang panting 1 orang.  

Yaps, di sini Min Kucing merasakan ketenangan dan semakin mempertajam aura-aura dalam passion menulis.

Seiring dengan perjalanan blog ini, Min Kucing semakin menyadari betapa pentingnya menulis dalam kehidupan Min Kucing. 

Terlebih, setelah Min Kucing melewati masa-masa sulit ketika berhasil menamatkan perkuliahan dan mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Min Kucing, yakni menulis kreatif.

Sebuah pekerjaan yang sering dianggap remeh oleh orang-orang.

"Enak ya, menulis doang dapat duit"

Ya, sudah hal yang lumrah terjadi di dunia industri kreatif, bahwa pekerjaan-pekerjaan sejenis mendapatkan titel doang di ujungnya. Tanyakan pada freelancer desain dan juga video designer.

"Ya elah gambar atau video gitu doang mahal bat sih" 

Tapi Min Kucing tidak akan bercerita tentang keluh kesahnya pekerja kreatif, karena Min Kucing yakin butuh lebih dari 1 triliun halaman untuk catat keluh kesah itu. Itupun bisa saja datang dari 1 orang pekerja kreatif.

Meme Gitu Doang
Sumber: Kucingkomputerin.com *CE
 
Kalikan saja jumlah tersebut dengan 100 orang pekerja kreatif. Ada berapa halaman yang habis hanya untuk catatkan kata-kata mutiara pekerja kreatif yang kesal dengan kata "doang".

Ya, Min Kucing tidak akan bercerita tentang itu,  Min Kucing akan bercerita tentang besarnya manfaat miliki blog pribadi ini dalam kehidupan karir Min Kucing. 

Tapi sebelum itu, kamu pastinya penasaran tentang awal mula Min Kucing mulai hobi ngeblog bukan?. Kalaupun tidak penasaran ya, baca saja ya ges ya 😁

Awal Mula Ngeblog


Sumber: giphy.com

Min Kucing masih ingat banget pertama kali Min Kucing ngeblog. Saat itu internet di daerah kampung Min Kucing baru-baru ada pertama kali, tepatnya dimulai sekitar tahun 2010 hingga sekarang. 

Pada masa itu, banyak pelajar-pelajar yang gemar bermain game online seperti Point Blank, game-game di Facebook, dan juga Dragon Nest.

Alumni-alumni warnet pastinya tidak akan asing lagi dengan soundtrack lagu yang diputar di masa-masa itu. Sebut saja 

  • Alay dari Lolita, 
  • Dear God dari Avenged Sevenfold, 
  • Semua Tentang Kita Peterpan, 
  • PayPhone dari Maroon 5. 

O iya satu lagi ada lagu dari Si Kecil Cantik masa itu Cleopatra Stratan berjudul Zunea-Zunea. Agar nuansa nostalgia semakin kental, kamu bisa lihat cuplikan videonya di bawah ini.


Min Kucing bersyukur di masa itu Min Kucing memiliki modem jadul. 

Yang apabila ditancepkan ke laptop maka laptop-nya sudah bisa terkoneksi internet. Tentu saja jika modem tersebut sudah diisi kuota sebelumnya. 

Sama seperti kebanyakan bocil di zamannya, Min Kucing asik mencari hal-hal unik yang ada di dunia. Mulai dari orang tertua di dunia, orang tertinggi di dunia, misteri mengerikan di dunia, penampakan paling menyeramkan di dunia, dan lain-lain.

Pokoknya, ujung pencariannya selalu diakhiri dengan kata "di dunia". Hingga akhirnya Min Kucing merasa bosan dan kemudian bertemu dengan platform blogspot. Sebuat platform yang memungkinkan kamu untuk berbagi catatan secara online. 

Kebetulan Min Kucing suka banget menulis, dan pada akhirnya Min Kucing cobalah untuk otak-otik blog pertama Min Kucing ini.

Untuk domain blognya menggunakan nama asli Min Kucing dengan judul blognya Cool. Saat itu Min Kucing belum paham betul penggunaan template, cara membuat postingan agar tidak satu halaman dan lain-lain.

Ya, inilah penampakan Blog Min Kucing. 

Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding
Sumber: andrimarzaakhda.blogspot.com

Awowowok, iya Min Kucing akui, bahwa Min Kucing adalah laki-laki yang suka dunia tulis menulis, terutama puisi & cerpen. Kemampuan menulis puisi Min Kucing saat itu, ya boleh dikata lebih dari lumayan.

Sayangnya hobi Min Kucing untuk ngeblog terputus, terlebih setelah SMP kelas 2, hingga pada akhrinya berlanjut di perkuliahan Semester 1.

NgeBlog untuk Cuan ❌ NgeBlog untuk Passion ✅

Click for Click Adsense
Sumber: Kucingkomputerin.com

Sebenarnya Min Kucing sudah tahu dari dulu bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Tapi hanya semenjak perkuliahan semester 2 lah Min Kucing mulai giat mencari cuan dari blog. 

Min Kucing bahkan sempat nemuin cara dapatkan cuan cepat dari hasil ngeblog.

Terutama bagi mereka yang baru-baru keterima adsense tapi views-nya tidak mendukung untuk bisa dapatkan gaji 1.3 juta perbulan. 

Ya, bagi yang mulai ngeblog di tahun 2018, dan alumni Facebook, pastinya bakal taulah istilah Click for Click Adsense. Mudahnya sih saling ngunjung halaman blog, setelah itu klik iklannya. Tapi sebelum itu kita harus pasang cookies terlebih dahulu.

"Pesertanya" bukan hanya dari Indonesia, tapi juga luar negeri, sebut saja yang berasal dari negeri yang kalau ditanya jawab iya, tapi kepalanya geleng-geleng. India.

Dan seperti yang bisa kamu tebak, yang melakukannya akan mendapatkan banned dan selamanya tidak akan bisa dipasangkan AdSense. Sekarang sih cara ini sudah tidak bisa pakai, terlebih algoritma Google terus update. 

Seperti adanya algoritma Panda, Penguin, Pirate, Hummingbird, Pigeon, RankBrain dan lain-lain.

Min Kucing menjadi sadar, cara ini salah, tidak benar. Yang paling bikin Min Kucing sadar adalah ketika Min Kucing mengerjakan sesuatu dan berpikir tentang uang-uang saja, maka Min Kucing tidak akan pernah menikmati prosesnya.

Cinta Min Kucing terhadap dunia tulis menulis dari SD ini pecah karena mikirnya hanya cuan mulu.

Snopp Dogg pernah berkata;

I Always Tell People, Do not go into a job thinking about money, Because, if you go into a job thinking about money, you're not gonna get the most out of it. If you go into a job loving it, being passionate about it, you will get everything, you got coming out of it. But if you go into that job, saying: I'mma make a whole lof of money, this job's going to pay me this, you ain't gonna get nothing out of it. You have to love it first. 

Semakin Sadar Akan Passion Menulis


Kerja Tanpa Passion itu Membosankan
Sumber: Kucingkomputerin.com *CE

Kata-kata Snopp Dogg ini membuka cakrawala ulang Min Kucing, tentang mengapa Min Kucing suka menulis, lebih daripada apa yang akan didapatkan dari menulis itu.

Belum lagi ketika Min Kucing melamar pekerjaan setelah lulus, banyak dari HRD yang justru bilang kepada Min Kucing untuk bekerja sebagai penulis konten kreatif. Saat itu Min Kucing banyak melamar sebagai Staff IT.

Tapi CV dan juga portofolio yang Min Kucing miliki lebih tertuju untuk jadi penulis konten kreatif.

"Kamu punya bakat dalam menulis, kenapa melamarnya sebagai Staff IT?"

Malu juga mengakuinya, bahwa Min Kucing sebenarnya termasuk ke dalam jajaran lulusan IT yang kurang menguasai urusan IT terutama koding. 
Untuk urusan operasional administrasi menggunakan tools IT sih masih OK.

Berkali-kali melamar sebagai Staff IT, Min Kucing akhirnya memberanikan diri untuk lebih banyak melamar kerja sebagai Content Writer.

Sembari memperbanyak portofolio dengan rajin menulis di berbagai platform website dengan basis UGC (User Generated Content). Kebanyakan memang bertemakan Digital Marketing dan Tips Teknologi.

Di sinilah Min Kucing sadar bahwa blog bagi Min Kucing adalah Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding. 

Ya, personal branding sebagai seseorang yang bekerja dalam bidang penulisan konten. Blog dengan cinta memberikan Min Kucing semangat memberikan ilmu yang bermanfaat tanpa harus mikir berapa uang yang didapatkan.

Toh uang akan datang dengan sendirinya. Lagipula keuntungan yang akan didapatkan dari pekerjaan yang dicintai lebih dari sekedar lembaran cuan. (Bijak kali ah Min Kucing...🤣)

Inilah arti Blogger bagi Min Kucing.

Temukan Jati Diri Sebagai Content Writer 


Alhamdulillah, setelah melamar di sana sini, akhirnya Min Kucing mendapatkan pekerjaan pertama sebagai Content Writer di perusahaan layanan arsitektur dan kontraktor.

Pengalaman sebentar di sana semakin mematangkan Min Kucing untuk lebih aware lagi tentang poin-poin penting dalam menulis, terutama yang menyangkut EYD. 

Penggunaan tanda baca yang tepat, kapital dan lain-lain. Ya, suka dukanya di sana membuat Min Kucing semakin matang sebagai Content Writer. Memang jauh dari kata Blogger. Tetapi selama jiwanya adalah menulis, Min Kucing fine-fine saja. 

Sekarang, Min Kucing sudah resmi berganti role model kerja sebagai Content Planner. Mirip-mirip dengan Content Writer lah. Dalam penulisan dan perencanaan konten, Min Kucing sendiri punya 2 rumus jitu.

Rumus itu adalah ACE & API.

1. RUMUS ACE


Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding
Sumber: Kucingkomputerin.com *CE

ACE sendiri adalah akronim dari Active Creative Educative. Rumus ACE ini terinspirasi dari salah satu karakter yang ada di One Piece, yakni Portgas D. Ace, kakaknya Monkey D Luffy. Berikut penjelasan rumus ketika Min Kucing memulai proses penulisan konten.

Active - Yang Min Kucing maksud aktif adalah aktif mencari referensi tulisan yang baik. Mengambil dari referensi terpercaya dan juga kredibel sesuai dengan tema tulisan yang diangkat.

Creative - C pada ACE berarti Creative. Artinya Min Kucing selalu memberikan memberikan yang terbaik pada setiap tulisan dikreasikan. Jauh dari kata plagiat apalagi copas. Bahkan Min Kucing memberikan penjelasan lebih dari referensi-referensi yang ada, sesuai dengan apa yang Min Kucing pahami.

Educative - Terakhir adalah educative. Tulisan Min Kucing bertujuan untuk mengedukasi pembaca sebanyak-banyaknya. Prinsip edukasi yang Min Kucing gunakan adalah prinsip edukasi asik, dan tidak membosankan. Ya edukasi ala-ala millenials.

2. RUMUS API


Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding
Sumber: Kucingkomputerin.com *CE

Rumus kedua adalah API, akronim dari Adaptif, Percaya Diri, Interaktif. Kebetulan juga API ini terinspirasi dari tokoh yang sama sebelumnya yakni ACE karena dia bisa mengendalikan api hasil dari Mera-Mera No Mi.

Apa maksudnya API ini Min Kucing?

Adaptif - Artinya Min Kucing mampu menuliskan berbagai macam tema tulisan dan tidak hanya terbatas pada masalah teknologi saja. 

Percaya Diri - Setiap tulisan yang Min Kucing kreasikan selalu Min Kucing dapatkan dari referensi yang sudah Min Kucing baca berkali-kali. Dan di dalam proses penulisan artikel Min Kucing akan berikan pendapat pribadi yang tentunya bukan sekedar sotoy, tapi berdasarkan referensi yang ada.

Interaktif - Terakhir adalah dengan menempatkan elemen interaktif. Artikel yang baik bagi Min Kucing bukanlah artikel yang tidak membawa emosi pembacanya. Artikel yang baik adalah artikel yang mampu membawa emosi pembaca dan solutif. Jadi ketika membaca artikel kita, pembaca bakal bilang

"O iya iya bener bener".

Persiapan Sebelum NgeBlog


Persiapan Min Kucing Sebelum Menulis
Sumber: Kucingkomputerin. *CE

Inilah barang-barang yang akan Min Kucing siapkan terlebih dahulu sebelum menuliskan catatan emas di dunia maya. Seperti yang kamu dapat lihat, Min Kucing mempersiapkan segalanya untuk proses menulis artikel.

Mulai dari;

- Pena
- Buku
- Laptop
- Kacamata Anti Radiasi
- Dudukan Handphone
- Handphone
- Earphone & Headphone 
- Meja & Kursi

Semua peralatan harus sudah ada agar Min Kucing bisa leluasa menuangkan ide kreatif.

Blog Cara Terbaik Min Kucing Bangun Personal Branding
Sumber: Kucingkomputerin.com *CE

Tak Lupa juga nih, walaupun hobi Min Kucing adalah menulis, tapi tetap kesehatan nomor 1. Min Kucing harus menjaga pola makan yang sehat, serta meluangkan waktu untuk berolahraga. Kamu juga ya, baik blogger ataupun bukan.

Gabung Komunitas Bloggercrony Indonesia


Gabung Komunitas Bloggercrony
Sumber: Instagram Bloggercrony

Sebagai seseorang yang menyukai dunia tulis menulis, pastinya Min Kucing memerlukan banyak referensi dan juga gabung komunitas. Min Kucing banyak bergabung dengan komunitas tulis menulis, dan lebih tepatnya Komunitas Blogger Indonesia.

Ya, ada banyak memang. Tetapi ada satu nama yang mencuri perhatian Min Kucing, yakni Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Komunitas Blogger yang terbilang sangat aktif dan sudah berdiri sejak lama. Komunitas Blogger Indonesia ini banyak mengadakan berbagai macam acara-acara yang menambah wawasan.

Seperti;

Gabung Komunitas Bloggercrony Indonesia
Sumber: Instagram Bloggercrony

- FIRTUAL (Forum Literasi Hukum dan HAM Digital) dengan tema Proteksi Dini: Cegah Bahaya Konten Negatif dan Kekerasan Digital Pada Anak bersama dengan Kominfo

- Acara Ruang Publik Kolaborasi Pentathelix untuk Atasi Kusta bersama dengan KBR

- Bloggerday 2022 Scale Up Your Skill

Dan tentu saja masih banyak lagi. Komunitas Bloggercrony memang benar-benar aktif memberikan info-info terkini bagi Blogger Blogger Indonesia. 

Salah satu yang mereka lakukan adalah aktif memberikan info mengenai lomba-lomba blog yang memang banyak diburu.

Gabung Komunitas Bloggercrony
Sumber: Instagram Bloggercrony

Untuk info lomba, Komunitas Bloggercrony Indonesia ini juga sedang adain lomba lho. Cek saja di website mereka.

Yang hebatnya mereka juga aktif adain acara-acara yang bisa nambah skill kita dalam ngeblog.

Tips Blog dari Bloggercrony
Sumber: Instagram Bloggercrony

Tanggapan Min Kucing Terhadap Bloggercrony


Seperti kata favoritnya Si Jarjit di Upin-Ipin, Bloggercrony ini marvelous marvelous!!. Min Kucing sangat merasakan keikutsertaan Bloggercrony dalam mencerdaskan bangsa melalui berbagai macam program yang mereka jalani. Anggota-anggota aktif dan juga tempat spesial untuk banyak blogger mengambil ilmu.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.

Untuk kamu-kamu semua nih yang pengen gak ketinggalan info dari Bloggercrony, silahkan kepoin website mereka di www.bloggercrony.com. Jangan lupa untuk follow Instagram & twitter mereka di @bloggercrony.

Instagram: @bloggercrony
Twitter: @bloggercrony

*CE ~ Canva Editing

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan