Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Copywriting 101: Menempatkan Sisi FOMO dalam Iklan

18 komentar

Copywriting 101: Menempatkan Sisi FOMO dalam Iklan

Copywriting 101 - Iklan adalah bagian penting daripada bisnis untuk dapat terus berkembang. Sayangnya, tidak semua iklan benar-benar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Terutama karena materi dari iklan tersebut kurang menarik.

Pembaca setia Min Kucing pasti sudah tahu salah satu sebab iklan tidak menarik bukan?.

Ya, jawabannya adalah kurangnya penerapan ilmu copywriting. Min Kucing sudah membahas lengkap tentang apa itu copywriting bersamaan dengan teknik dasar AIDA pada artikel terdahulu.

Teruntuk kamu yang ketinggalan bisa kepoin lebih lanjut artikelnya pada link di bawah ini;

Baca Juga: Apa itu Copywriting dan AIDA?

Beranjak dari AIDA, sebenarnya ada satu teknik copywriting lainnya yang terkesan sederhana tapi memiliki dampak yang besar. Terutama dampak untuk meningkatkan konversi.

Teknik copywriting inilah yang sering diterapkan pada bagian headline oleh berbagai perusahaan yang ada di dunia. Headline yang menjadikan audiens merasa takut tidak akan mendapatkan penawaran yang diberikan.

Segera mengambil tindakan, dan mengambil penawaran tersebut, meskipun pada kebanyakan kasus, produk atau penawaran jasa yang diambil belum tentu memenuhi kebutuhan daripada pembeli.

Di dalam ilmu kesehatan hal ini disebut dengan FOMO (Fear of Missing Out). Rasa takut akan kehilangan sesuatu. Ya, dengan memanfaatkan rasa takut tersebut, copy yang dibuat bisa meningkatkan prospek untuk lead. Terdengar kejam? ya namanya juga marketing.

Min Kucing akan membahas satu per satu manfaat FOMO di dalam copywriting, dimulai dari pengertian FOMO di dalam marketing, manfaat FOMO di dalam copywriting dan juga contoh copywriting yang memiliki unsur FOMO.

So simak baik-baik artikel ini ya.

FOMO di dalam Marketing


Di dalam sebuah artikel Saleslovesmarketing.co, FOMO Marketing adalah bentuk daripada pemasaran yang memanfaatkan rasa sensitif manusia terhadap kehilangan akan keinginan dan waktu.

Dapat dikatakan bahwa teknik marketing yang satu ini menjadi teknik marketing yang paling kejam diterapkan. Untuk bisa menjalankannya dengan sempurna, perlu ada 4 aspek penting ini di dalamnya.

4 aspek tersebut adalah;

  • Urgensi
  • Batas Waktu Tertentu
  • Bukti Sosial
  • dan juga Menimbulkan Perasaan Kehilangan Penawaran Terbaik

Penerapan 4 aspek ini akan terlihat jelas pada bagian penulisan copy, yang sebentar lagi akan Min Kucing praktekkan.

Manfaat FOMO di dalam Copywriting


Berbicara FOMO Marketing, maka pasti akan berbicara copywriting. Hal ini wajar, karena penerapan paling awal untuk FOMO Marketing adalah dengan menjalankan copywriting.

Lalu apa saja manfaat dari FOMO Marketing di dalam Copywriting?. Inilah beberapa manfaat yang berhasil Min Kucing telaah.

1. Meningkatkan Konversi/Lead Penjualan


Manfaat yang pertama adalah meningkatkan konversi/lead penjualan. Hal ini jelas bisa kamu dapatkan ketika menjalankan FOMO Marketing. Terlebih jika penerapannya memenuhi keempat aspek yang ada di dalam FOMO Marketing.

2. Audiens yang Didapatkan Lebih Banyak


Manfaat yang kedua adalah audiens yang didapatkan akan jauh lebih banyak. Hal ini wajar, karena FOMO Marketing biasanya selalu diikuti dengan promo menarik.

Promo menarik inilah yang kemudian akan jadi buah bibir bagi audiens yang melakukan pembelian, tertarik melakukan pembelian, ataupun memiliki teman yang potensial tertarik/melakukan pembelian dengan penawaran yang kamu berikan.

Dengan menjalankan FOMO Marketing, maka kamu juga secara otomatis akan menjalankan yang namanya Word of Mouth Marketing. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh sebuah merek agar konsumen membicarakannya kepada konsumen yang lebih luas.

3. Potensi Viral yang Lebih Besar


Tidak hanya Word of Mouth Marketing yang bisa sekaligus kamu jalankan. Adanya aspek FOMO Marketing di dalam copywriting juga akan mempermudah kamu untuk masuk ke tahap viral marketing.

4. Memudahkan Kamu Dapatkan Audiens Tertarget


Berkebalikan dengan manfaat yang kedua, FOMO marketing di dalam penerapan penulisan copy juga dapat dimanfaatkan untuk dapatkan audiens yang tertarget.

Ya, kamu bisa mendapatkan audiens yang buyer persona nya sesuai dengan niche bisnis kamu. 

Artinya, kamu bisa benar-benar mendapatkan audiens yang datang dan sudah tahu apa yang mereka inginkan, tanpa harus banyak bertanya-tanya lagi, ini apa, itu apa.

Peluang untuk audiens tertarget datang melakukan konversi atau pembelian tentunya jauh lebih besar ketimbang yang tidak.

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan daripada penerapan FOMO Marketing di dalam copywriting. Kamu bahkan mungkin sudah bisa membayangkan 1000 manfaat yang akan didapatkan.

Contoh Penerapan FOMO Marketing di Dalam Marketing


"Promo Spesial Agustus, untuk yang bernama Agus akan mendapatkan diskon sebesar 50%"

"Untuk pengiriman baru bisa diproses setelah pemesan melakukan pembayaran dalam waktu 1x24 jam"

"Dalam waktu 1 jam, 1000 produk jam tangan merk Swiss Army sudah habis terjual. Kami akan siapkan stok baru di hari berikutnya"

"Khusus di jam 1-2 siang di hari Jumat, kamu bisa mendapatkan gratis es teh dan juga ayam geprek".

"Pesan sekarang dan dapatkan gratis ongkir untuk wilayah Jabodetabek"

"Kami akan menerima 2 klien setiap harinya. Amankan slot sekarang juga"

"Beli 3 produk bisa dapatkan 1 produk spesial dari kami".

"Sudah lebih dari 60 pcs gamis ABX terjual hanya dalam 1 hari, dan sekarang tersisa 10 pcs saja. Amankan Segera!!"

"Stok Terbatas!!!, Dapatkan obat herbal terpercaya BPOM ini segera untuk hilangkan nyeri asam urat, jangan sampai menyesal jika sudah keduluan orang lain"

Kesimpulan


Inilah penjelasan terperinci daripada penerapan FOMO Marketing di dalam copywriting. Apabila kamu memiliki pertanyaan, atau ingin bekerja sama dengan Min Kucing, hubungi saja melalui halaman kontak yang ada ya..

Hubungi Min Kucing

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

18 komentar

Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan