Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cara Mengatasi Smartphone Network By Monitored

Tidak ada komentar

Cara Mengatasi Smartphone Network By Monitored

Artikel ini dibuat untuk menjawab rasa penasaran pembaca, setelah menginstall AdGuard. 

Ya, setelah menginstall AdGuard, terutama setelah memasang SSL Capture, maka smartphone akan menampilkan pesan Network By Monitored. 

Sebuah yang apabila diartikan ke Bahasa kita, menjadi Jaringan Anda Dimonitor atau Diawasi. Bagi kita yang orang awam, akan langsung ke trigger dan mengatakan bahwa kita sedang dihack.

Tapi tenang, Min Kucing telah mencari sebab mengapa hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya.

Sebab Network By Monitored


Network By Monitored atau pesan lainnya Network Maybe Monitored tidak akan tampil begitu saja di smartphone tanpa campur tangan pemiliknya sendiri. 

Peringatan ini muncul karena pengguna, yakni kita menginstall VPN (Virtual Private Network) dengan SSL Certificate. Lalu apa sih sebenarnya itu SSL ?

SSL Certificate adalah singkatan dari Secure Socket Layer Certificate. Yakni sebuah layer dalam jaringan yang memungkinkan sistem untuk selalu mengakses internet yang miliki sertifikat aman yakni HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).

VPN dengan tambahan SSL Certificate, akan menambah kekuatan enkripsi sehingga data menjadi sangat sulit dibocorkan serta tidak mungkin salah tujuan.

Jadi jangan lagi panikkan ketika melihat pesan Network By Monitored atau sejenisnya.

Tutorial Menghilangkan Network By Monitored


Jika pesan itu muncul pada layar smartphone kamu, maka cukup tekan pesan tersebut.
  • Tekan tepat pada pilihan Check trusted credentials.
  • Pilih pada bagian User dan pilih SSL yang tersedia, lalu tekan remove.
  • Restart smartphone kamu, dan boom. Kamu dapat melihat video di bawah ini bila belum cukup jelas. Penulis sendiri menggunakan smartphone jenis Samsung J5 2016

Kesimpulan


Network By Monitored adalah hal biasa yang terjadi, dan disebabkan karena pengguna itu sendiri.

Namun, apabila pengguna memang tidak pernah memasang SSL Certificate atau SSL Capture, maka bisa saja smartphone kamu dipasangkan SSL oleh orang lain. Ya, itulah sebabnya pentingnya privasi.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan