Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Windows Problem : 5 Ways To Fix VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR

Tidak ada komentar

5 Cara Atasi Blue Screen of Death

Windows adalah sistem operasi yang saat ini paling laku di pasaran. Selain karena menang start sebagai sistem operasi komputer rumahan, OS ini memang lebih mudah untuk kita mengerti. 

Perkembangan sistem operasi ini terbilang pesat, dan terakhir, tepatnya pada bulan Windows 11 resmi keluar.

Windows 11 ini menjadi bukti shahih perusahaan Microsoft yang selalu terobsesi pada kemajuan teknologi. 

Namun, langkah maju yang telah Microsoft tempuh tersebut, bukan berarti menandakan sistem operasi terdahulu sudah tidak memiliki masalah.

Salah satu masalah yang sering user OS ini adalah Blue Screen of Death, dengan keterangan VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR.

Namun, jangan cepat-cepat untuk menghakimi Microsoft, karena sejatinya mereka telah menyediakan layanan untuk mengatasi BSoD, yakni Windows Update. 

Sayangnya, sistem update tersebut sering menambah memori data perangkat, dan lama-kelamaan perangkat akan terasa lamban.

VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR muncul karena driver pada kartu grafis perangkat kamu sudah usang. BSoD dengan teks ini mungkin akan sering berkaitan dengan game. 

Lalu bagaimana cara tepat untuk mengatasi masalah ini ?

1. Mengaktifkan Windows Update dan Menjalankannya.


Windows Update adalah fitur bawaan yang berfungsi untuk mendapatkan update-an data OS guna meningkatkan keamanan OS itu sendiri. 

Update-an data ini pula yang nantinya bisa meminimalisir error pada sistem operasi. 

Fitur ini akan secara otomatis mengecek sistem file mana saja yang perlu update. Sistem akan menginstall dan memasang secara otomatis hasil download yang fitur ini lakukan sendiri.

Fitur Windows Update ini punya banyak kelebihan, dan 3 di antaranya adalah;Meminimalisir terjadi error ataupun bug pada sistem operasi Windows. 

Bisa Min Kucing katakan, fungsi hampir sama seperti perintah sfc / scannow pada Command Prompt. 

Hanya saja, Min Kucing juga beramsumsi terdapat prosedur seperti perintah DISM (Deployment Imaging and Servicing Management).

Tingkat keamanan yang semakin diperketat. Perangkat ataupun driver di dalamnya menjadi lebih baru.

2. Menjalankan Fitur Troubleshooter untuk Atasi VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR


Troubleshooting adalah proses pencarian inti dari masalah, memperbaiki masalahnya, serta menghilangkan segala bentuk poin yang nanti bisa jadi masalah baru. 

Istilah ini sangat akrab di kalangan para ahli teknologi, terutama yang berkecimpung dalam dunia teknisi termasuk teknologi.

Adapun langkah-langkah tiap ahli dalam melakukan troubleshooting mesti berbeda-beda. 

Namun, apabila itu menyangkut data-data sistem operasi seperti Windows maka pastinya mereka melakukan back up terlebih dahulu.

Keberadaan troubleshooters dalam dunia teknologi, memang sangat sangat kita perlukan. Namun, ada kalanya beberapa masalah tidak perlu sampai memanggil troubleshooters.

Selain menghemat biaya, melakukan troubleshooting sendiri juga akan menambah wawasan kita mengenai teknologi. 

Kecanggihan teknologi, juga telah memudahkan user untuk melakukan troubleshooting secara otomatis dengan mudah.

3. Menggunakan Perintah CMD untuk Atasi Masalah Windows VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR


Perintah CMD atau Command Prompt, sering Min Kucing gunakan dalam artikel sebagai solusi dari masalah Windows. Salah satu dari tools CMD yang sering kita gunakan adalah sfc / scannow.

Tools ini akan menjalankan system file checker, memeriksa dan juga memperbaiki bagian yang file system error atau corrupt pada Windows.

Selain sfc, kita juga sering menggunakan DISM (Deployment Imaging Servicing and Management). 

DISM berfungsi untuk memperbaiki sistem gambar pada Windows, termasuk iuga Windows PE (Preinstallation Environment). 

Ya, ada banyak tools-tools Command Prompt yang bisa kita gunakan.

Untuk masalah ini, kita bisa gunakan perintah sfc / scannow ataupun DISM.
 
Menggunakan Perintah CMD Untuk Atasi Masalah Windows VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR
Sumber: Kucingkomputerin.com

4. Akses Kembali Restore Point yang Pernah Dibuat Sebelumnya.


Restore Point adalah fitur Windows yang mampu menyimpan kondisi proses yang terjadi pada sistem, meliputi pembaruan driver, aplikasi, ataupun registry.

Fitur ini memiliki cara kerja yang mirip dengan sistem penyimpanan game di GTA San Andreas, game legendaris. 

Kita tidak perlu lagi capek-capek memulai dari awal untuk memulai dari awal permainan, cukup mengakses save-an kita untuk memulai permainan dari misi tertentu.

Seperti itulah fitur Restore Point, kita tidak perlu lagi capek mengatur settingan Windows dari awal, cukup akses settingan tersimpan.

Windows Problem : 5 Ways To Fix VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR
Sumber: Kucingkomputerin.com

5. Update Driver Graphic Card.


Update Driver Graphic Card di Windows, dapat kita lakukan dengan mudah setelah melihat value dari Hardware Ids komponen tersebut. 

Hardware Ids adalah fitur yang dapat memungkinkan pengguna Windows mengetahui identitas spesifik tentang driver dari hardware yang diperlukan. 

Didalamnya berisikan sebuah nilai tentang spesifikasi driver yang cocok. Cara ini menimimalkan kamu untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, jadi tidak perlu memakan banyak memori perangkat.

Update Driver Graphic Card.
Sumber: Kucingkomputerin.com

Kesimpulan


Secara garis besar, masalah BSoD dengan petunjuk VIDEO DXGKRNL FATAL ERROR, dapat diselesaikan melalui fitur-fitur seperti sistem update Windows. 

Restore point yang pernah kita buat sebelumnya, maupun dengan perintah-perintah Command Prompt untuk perbaikan sistem. Semoga artikel ini bermanfaat.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan