Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cara Memperbaiki Aplikasi Windows yang Tidak Bisa Dibuka

Tidak ada komentar

Cara Memperbaiki Aplikasi Windows yang Tidak Bisa Dibuka

Sudah capek-capek download sebuah aplikasi, namun pada akhirnya aplikasi tersebut tidak bisa digunakan?. 

Ya, hal ini sangat sering terjadi, dan banyak di antara kita yang mengalaminya. Ada banyak penyebab aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Salah satu alasan yang paling sering kita dengar adalah file corrupt. 

Ya, sebuah istilah yang menggambarkan terdapat bagian dari file tersebut yang belum kita dapatkan. 

Layaknya sebuah puzzle, maka aplikasi yang seharusnya tampil sempurna, justru tampil jelek. Ketika sebuah aplikasi Windows bermasalah, kita akan menemukan banyak sekali jenis notifikasi yang timbul. 

Contohnya, dan sekaligus pesan yang sering kita alami bersama adalah apps stopped working. Lalu bagaimana cara mengatasinya?. 

Windows sendiri telah menyediakan kita cara khusus untuk mengatasi ini. 

Cara ini, bisa kamu lakukan secara cara terdepan sebelum mencoba reinstall aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan memeriksa Identity Service Status.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dibuka


Sebelum mengetahui salah satu cara untuk mengatasinya, maka ada baiknya kita mengenal sebab-sebab aplikasi Windows tidak bisa dibuka.

  • Sistem Windows yang alami bug
  • Virus pada aplikasi tersebut
  • Aplikasi corrupt

Identity Service Status


Fitur dari Windows yang bertugas untuk menginformasikan kepada user melalui AppLocker dalam menentukan dan verifikasi identitas status aplikasi. 

Program inilah yang harus berjalan saat startup untuk mendapatkan informasi aplikasi dan yang kemudian dibaca datanya, lalu dijalankan. 

Setiap program yang tidak berjalan sempurna, maka identity service aplikasi tersebut tidak berjalan.

Fitur ini didapatkan dari akses services.msc. Sebuah fitur yang mengatur program apa saja yang boleh berjalan ketika Windows sedang booting. 

Di dalam menu inilah kita akan menjumpai pilihan Startup Type. Di bagian ini, terdapat 3 pilihan, yakni, Automatic, Manual, dan Disabled. 

Berikut adalah penjelasan masing-masing pilihan tersebut.
  • Automatic: mengaktifkan program pilihan.
  • Manual: mengaktifkan program sesuai dengan pilihan kita sendiri.
  • Disabled: menonaktifkan program pilihan.

Tutorial


  • Tekan tombol Windows + R, secara bersamaan, lalu ketikan didalam kolom pencarian services.msc.

Services.msc
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Setelah itu, Windows akan merespon dengan menampilkan kumpulan layanan yang berjalan dalam sistem. Pilih pada bagian application identity.

Application Identity
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Pada bagian ini, kamu akan melihat identitas status layanan dari sebuah aplikasi. Apabila service status tersebut menunjukkan kata Stopped, maka klik Start. Berikutnya tekan tombol apply dan OK untuk menyetujui perubahan.
Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka
Sumber: Kucingkomputerin.com

  • Restart komputer kamu, dan selesai. Apabila belum berhasil, maka buka kembali services.msc, dan beralih pada Windows Update. 
  • Cek statusnya dan pastikan running. Pilih pada bagian startup type Automatic. Tekan apply dan OK untuk menyetujui perubahan.

Kesimpulan


Cara ini dapat kamu gunakan sebelum kamu mencoba untuk reinstall aplikasi tersebut. Lakukan beberapa langkah tambahan, seperti melakukan scan virus pada aplikasi yang bakal diinstall. 

Download aplikasi tersebut pada situs aplikasi itu sendiri, dan menjamin keutuhan data aplikasi. 

Apabila masalahnya memang terjadi pada OS kamu, bisa jadi itu adalah bug. Segera untuk install ulang.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan