Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Copywriting itu Gak Cuma AIDA!!

7 komentar

Copywriting itu Gak Cuma AIDA

Apa yang pertama kali Sobat Min Kucing bayangkan ketika sedang mempelajari copywriting?. Sebuah seni menjual produk atau jasa melalui tulisan. Beberapa dari kita mungkin akan langsung teringat dengan 1 kata yakni AIDA.

AIDA adalah akronim dari Attention, Interest, Desire dan juga Action.

4 bagian yakni Attention, Interest, Desire, dan juga Action inilah yang mampu membuat tulisan dapat menarik minat audiens market kamu. 

Jika digunakan sesuai dengan kaidah yang tepat, maka AIDA pun bisa diterapkan sebagai sales funnel yang memudahkan proses perubahan calon pelanggan jadi pelanggan.

Ada banyak literatur yang memberikan tips keren mereka untuk teknik penulisan copy memanfaatkan konsep ini. Hal ini wajar, mengingat AIDA adalah teknik copywriting yang paling terkenal.

Ya, sekali lagi AIDA adalah salah satu teknik copywriting yang sering kali digunakan oleh copywriter, baik pemula maupun yang sudah pro. 

AIDA menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika kamu akan mempelajari copywriting. Sangking terkenalnya teknik ini, hampir semua copywriter yang kita jumpai akan jadi "buta map" dengan teknik copywriting yang lain.

Ibarat ketika kamu pertama kali belajar bermain gitar. Mungkin kunci gitar yang pertama kali akan terngiang-ngiang oleh hanyalah kunci-kunci mayor saja.

Kamu akan berlatih sepanjang malam hanya dengan kunci-kunci mayor saja.

Contoh lain, kamu mengaku sebagai penggemar Liverpool, tapi pemain yang kamu tahu hanyalah Mohamed Salah saja.

Lalu apa dampaknya?. 

Apakah kamu pernah melihat gitaris hebat seperti Steve Vai, David Gilmour, Eddie Van Halen hanya memainkan gitarnya di kunci-kunci mayor saja?. Jelas tidak!.

Apakah kamu pernah melihat Mohamed Salah, bermain sendirian sebagai pemain Liverpool melawan tim lawan di EPL sendirian?. Tentu tidak. Dia tetap butuh support dari kawan-kawannya untuk dapat memenangkan pertandingan.

Analogi yang sama juga berlaku jika kamu ingin menjadi copywriter handal. Kamu tidak bisa serta merta mengandalkan teknik AIDA saja.

Apalagi penerapan teknik AIDA di dalam copywriting sendiri sekarang ini sudah jarang digunakan. 

Yang sering digunakan oleh kebanyakan copywriter sekarang ini adalah teknik penulisan copy hasil pengembangan daripada teknik AIDA itu sendiri.

Konsep AIDA yang murni sudah mulai ditinggalkan. Sekarang, kamu bisa menerapkan berbagai varian keren dari banyak teknik penulisan copy. 

Lalu apa saja teknik copywriting selain AIDA?, 10 di antaranya sudah dibahas pada artikel di bawah ini

Baca selengkapnya di sini

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan