Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cara Buka Situs Terlarang Tanpa VPN di Semua Android

Tidak ada komentar

Cara Buka Situs Terlarang Tanpa VPN di Semua Android

Internet adalah tempatnya orang-orang untuk berkreasi dan mencari banyak inspirasi. Namun, terkadang internet mendapatkan batasan akses terhadap situs-situs tertentu. 

Yang mungkin saja situs tersebut diperlukan oleh kita saat itu. 

Contohnya saja seperti situs live streaming sepak bola luar negeri. Memang, kita dapat menggunakan situs resmi, namun diperlukan akses berbayar.

Sama seperti netizen Indonesia pada umumnya, Min Kucing pun tentunya akan memilih untuk menonton dari situs yang gratis.

Analogi di paragraf awal artikel ini, hanyalah satu contoh mengapa internet kita tidak perlu dibatasi. Karena inspirasi ataupun kebutuhan bisa datang dari situs situs yang diblokir ataupun terlarang. 

Untuk dapat membukanya, umumnya kita akan menggunakan VPN (Virtual Private Network). 

Prinsip kerja VPN ini adalah merubah ip address kita seolah-olah berada ditempat yang lain, dan menjadikan kita terlindungi dalam sebuah terowongan dalam internet. 

Pengiriman dari awal terowongan menuju akhir terowongan tersebut, akan dienkripsi sehingga sangatlah aman.

Tetapi, masalah keamanan, kita tidak bisa serta merta bergantung pada VPN biasanya. 

Tentunya kita akan beralih ke mode pro atau bayar. Untuk orang-orang seperti fitur untuk membuka situs yang diblokir, sudah lebih dari cukup. 

Mendownload aplikasi tambahan di smartphone, bukanlah hal yang sulit. Beda halnya, jika kita ingin membuka situs tersebut tanpa harus menginstall VPN. Maka cara di bawah ini dapat dilakukan.

Google (Public DNS)


Google Public DNS adalah layanan Google yang merubah ip dengan metode Domain Name Service menjadi public. 

Perubahan tersebut akan memberikan kekuatan pada ip kita untuk melewati batas yang diberikan pada penyedia ISP (Internet Service Provider) sebelumnya. 

Artinya kamu dapat membuka situs yang diblokir tanpa harus mendapatkan peringatan internet positif ataupun yang lainnya. Fitur ini dapat diakses dengan peramban Google Chrome di menu settings.

Tutorial Buka Situs Terlarang Tanpa VPN


  • Buka aplikasi Google Chrome di smartphone, dan pastikan Google Chrome tersebut telah diupdate. Google Chrome sendiri merupakan aplikasi bawaan setiap Android terbaru sekarang ini.
  • Pilih titik tiga yang berada di pojok kanan atas Google Chrome, lalu pilih settings.
  • Beralih atau pilih tepat pada menu privasi dan kemanan.
  • Setelah itu, submenu dari Privasi dan Keamanan akan muncul. Seperti yang kita bahas sebelumnya, maka menu yang akan kita gunakan adalah DNS. Pilih Gunakan DNS aman.
  • Pada bagian tersebut, ubah pilihan menuju pilih penyedia lain, dan pilihlah Google (Public DNS)
  • Selamat, situs yang diblokir akan bisa dibuka.

Kesimpulan


Fitur dari Google Chrome ini sangat meminimalisir penggunaan VPN dan menghemat ruang memori di smartphone kita. 

Fitur ini sangatlah cukup untuk kamu yang ingin sekedar membuka situs yang diblokir. Untuk keamanan sendiri, gunakanlah dengan bijak. 

Jika kamu ingin melakukan tranksaksi maka ada baiknya kamu gunakan VPN berbayar yang sudah jelas kualitasnya.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan