Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cara Menggunakan Google Duo Tanpa Nomor Telepon Melalui PC

Tidak ada komentar

Cara Menggunakan Google Duo Tanpa Nomor Telepon Melalui PC

Semenjak pandemi Covid-19 dimulai hingga berakhir sekarang ini, banyak menjadikan kegiatan online sebagai pilihan utama. 

Semua kegiatan yang awalnya dilakukan di dalam ruangan, kini dilakukan di ruangan masing-masing dari rumah, atau rapat jarak jauh. 

Perubahan kultur ini memang menggangu banyak orang, tapi tidak bagi sebagian orang yang telah jauh-jauh hari mempersiapkan ini. 

Sebut saja Eric Yuan (Zoom), Min Zhu (Webex), Niklas Zennstrom (Skype), dan lainnya.

Ada dua nama aplikasi yang saat ini sering kita gunakan untuk rapat jarak jauh ini. Satu dari dua aplikasi tersebut adalah google meet. 

Sebuah aplikasi meeting jarak jauh dikembangakan oleh perusahaan teknologi raksasa bernama Google. 

Namun? taukah kamu, sebenarnya google telah menyediakan alternatif lain bernama Google Duo. Lantas apa perbedaannya dengan Google Meet?.

Perbedaanya adalah bahwa aplikasi google duo mirip dengan model video call yang ada di WhatsApp namun dengan batas jumlah user yang lebih banyak.

Artinya, kita dapat menggunakan Google Duo, dengan menyimpan nomor telepon kita, dan dengan nomor telepon tersebut, kita akan lebih mudah untuk dihubungi, mirip dengan yang ada di WhatsApp. 

Namun, sebenarnya kita dapat menggunakan Google Duo, tanpa harus menggunakan nomor telepon. Bagaimana caranya?

Google Duo


Google Duo adalah aplikasi video call sederhana dan dapat digunakan di berbagai platform. 

Memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi hingga 32 orang. Terdapat pula fitur Knock Knock, fitur yang menjadikan kita untuk mendapatkan pratinjau video live orang yang menelepon. 

Semua panggilan video di dalam google duo, telah dilengkapi dengan teknologi enkripsi layaknya WhatsApp.

Dibandingkan WhatsApp, Google Duo punya 2 kelebihan. 

Video yang dihasilkan berkualitas tinggi, dengan koneksi yang lebih stabil dan juga terdapat fitur pesan video dengan berbagai efek yang ada

Tutorial Gunakan Google Duo


  • Buka situs google duo. Sebelumnya pastikan bahwa kamu telah login pada akun gmail kamu, agar proses berjalan lebih cepat.
  • Hal ini sama persis ketika kamu ingin menggunakan aplikasi google lainnya. Syarat pertama adalah login dengan gmail kamu.
  • Klik tepat pada button Coba Duo Web.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan ke tab baru. Pilih not now pada notifikasi finish your Duo setup. Pilihan tersebut akan menunda kamu untuk tidak menambahkan nomor telepon.
  • Setelah itu tekan tombol Start a call untuk memulai proses video call. 
  • Masukan nomor handphone atau email seseorang yang ingin kamu hubungi pada kolom yang tersedia. 
  • Tekan video call dan kamu akan bisa terhubung dengan orang yang tadi kamu masukkan nomor handphone atau emailnya.

Kesimpulan


Aplikasi Google Duo dapat menjadi alternatif murah meriah untuk pengganti google meet maupun zoom. 

Kualitas video yang dihasilkan juga jadi salah satu alasan mengapa google duo adalah alternatif terbaik. Google Duo, dapat digunakan dengan menggunakan nomor telepon ataupun tidak.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan