Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.

Cara Prank Jadikan Wallpaper Laptop Teman Permanen

Tidak ada komentar

Cara Prank Jadikan Wallpaper Laptop Teman Permanen

Prank adalah kegiatan yang bertujuan untuk membuat orang lain menjadi panik ataupun kesal. 

Kegiatan ini menjadi akrab dijadikan konten oleh para Youtuber atau Influencer di dunia maya sebagai hiburan. 

Namun tidak hanya mereka yang melakukan prank, banyak orang-orang yang bukan influencer melakukannya, tidak terkecuali anak IT (Information Technology). Tentu saja cara ngeprank anak IT berbeda dari yang biasa.

Nah kegiatan prank kali ini adalah memanenkan wallpaper windows milik orang lain.

Gpedit msc


Gpedit merupakan singkatan dari Group Police Editor. Sebuah grup berisi ketentuan aksesbilitas yang dapat diubah konfigurasinya untuk setiap user windows. Perubahan tersebut akan disimpan oleh windows dalam registry.

Terdapat 3 jenis setting dalam Gpedit, yakni Not Configured, Enabled, dan Disabled. Adapun kata msc, adalah kepanjangan dari Microsoft System Configuration.

Sebuah fitur pengaturan kinerja hardware dan software saat komputer atau laptop melalukan booting. Apabila digabungkan, maka Gpedit msc, pengaturan kinerja hardaware & software yang berfokus pada area aksesbilitas user. 

Gpedit lebih mudah dioperasikan ketimbang regedit, karena pengaturannya hanya melibatkan 3 konfigurasi tadi, yakni Not Configured, Enabled, dan Disabled.

Adapun persamaan di antara keduanya adalah sama-sama digunakan untuk manipulasi aksesbilitas user pada windows. Selain digunakan untuk mengatur aksesbilitas user, Gpedit memiliki fungsi yang lebih besar yakni computer configuration.

Baik fungsi Gpedit untuk aksesbilitas user dan configuration computer, masing-masing di dalamnya terdapat tiga folder konfigurasi. 3 folder konfigurasi adalah
  • Software Settings
  • Windows Settings
  • Administrative Settings

3 folder Gpedit tersebut untuk aksesbilitas user berhubungan hanya dengan sekitar akses user saja. Sedangkan 3 folder Gpedit untuk computer configuration berhubungan langsung dengan sistem operasi windows.

Berhati-hatilah jika kamu merubah settingan Gpedit di bagian computer configuration.

Tutorial Prank Wallpaper Teman

  • Untuk dapat menjalankannya, tekan tombol Windows + R, secara bersamaan. Huruf R menandakan Run atau jalankan. Sebelumnya pastikan kamu sudah mengganti wallpaper windows teman kamu.
  • Ketikan didalamnya Gpedit.msc lalu tekan enter. Seketika windows akan membuka Local Group Policy Editor
  • Di bagian user configuration, pilihlah Adminstrative Templates, lalu Control Panel dan terakhir Personalization.
  • Klik dua kali di bagian Prevent Changing Desktop Background. Pilih enabled untuk aktivasi proteksi perubahan gambar. Pilih apply lalu OK. Dengan menekan OK, berarti kamu sudah menyetujui bahwa tak ada user manapun yang dapat merubah wallpaper kamu, termasuk kamu sendiri.
  • Uji hasil dengan coba merubah wallpapernya. 
  • Untuk dapat merubah wallpapernya kembali, ikuti langkah awal dan ubah pengaturannya menjadi disabled. Wallpaper akan permanen jika kita tidak merubah pengaturannya menjadi disabled.

Kesimpulan


Gpedit adalah fitur bawaan Windows yang berfungsi untuk mengatur aksesbilitas user dalam sistem operasi.

Aksesbilitas tersebut dapat diatur dengan 3 jenis setting yakni Not Configured, Enabled, dan Disabled. 

Mengatur aksesbilitas user dapat membantu kita untuk berbuat jahil mengganti wallpaper menjadi wallpaper yang tidak disukai pada orang lain.

Untuk korban kejahilan kamu dapat menggunakan cara yang sama dengan pengaturannya yang diganti menjadi disabled.

Andri Marza
Andri Marza Alumni Sistem Informasi Perguruan Tinggi Swasta. Aktif menulis hal-hal berbau teknologi, dapat dikatakan sebagai Tech Enthusiast. Tulisan lainnya dari saya bisa didapatkan di situs Inwepo.co.
Banner Bloggercrony
Ayu Support Min Kucing untuk Terus Aktif Berikan Tips Keren Nih buat jajan