Inilah Kisah Mimin Temukan Cara Efektif Melamar Pekerjaan!

Cara Efektif Melamar Pekerjaan
Sumber: Pinterest wikiHow

Cara Efektif Melamar Pekerjaan - Mencari pekerjaan tidaklah mudah. Meskipun sekarang eranya internet, tapi itu tidak menutup fakta bahwa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan itu sulit.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa kita dapat bekerja sesuai dengan passionnya masing-masing. Kita bisa menjadi blogger, content creator di platform media sosial Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, ataupun dengan menjadi YouTuber.

Dan yang membayar konten-konten kita adalah audiens serta perusahaan daripada media sosial itu sendiri. Inilah yang juga Min Kucing impikan. Siapa yang tidak mau bekerja sesuka hati, bekerja main-main tapi gajinya serius.

Sayangnya, dunia tidak pernah semudah khayalan kita. Mereka-mereka yang sudah menjadi content creator terkenal, YouTuber ternama, blogger dengan banyak pengunjung, semuanya berawal dari nol.

Ada yang berawal dari kamera smartphone sederhana, dan beberapa juga tidak benar-benar dimulai dari nol. Ya, beberapa dari mereka memang sudah punya modal untuk membeli perlengkapan perang lengkap di dunia konten.

Apakah salah kita bermimpi untuk bisa menjadi mereka?.

Tidak, tidak salah. Hanya saja kita perlu tahu kapan saatnya realistis dan kapan saatnya untuk mulai ambisius. Mengambil pekerjaan dengan ikut perusahaan adalah pilihan bijak.

Atau jika ingin mimpimu semi terwujud, kamu bisa saja melamar pekerjaan di Agency Digital Marketing. Sembari mengerjakan tugas yang diberikan oleh klien, kamu bisa belajar bagaimana caranya membuat konten yang berkualitas untuk personal branding.

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan pekerjaan di di perusahaan Agency Digital Marketing juga tidak kalah susahnya dengan menjadi full time freelance content creator.

Tapi tenang, di sini Min Kucing akan berbagi pengalaman, pengalaman tentang cara efektif melamar pekerjaan, terkhusus untuk perusahaan di bidang agency.

Untuk kamu yang benar-benar kepengen banget bisa mendapatkan pekerjaan di bidang ini, maka jelas artikel ini akan jadi solusi yang terbaik.

Penjelasan cara efektif melamar pekerjaan ini nantinya akan dilengkapi dengan template surat lamaran, baik itu melalui email ataupun WhatsApp personal. So, simak baik-baik ya!.

5 Cara Efektif Melamar Pekerjaan

1. Membuat CV yang Menarik

Cara Efektif Melamar Pekerjaan
Canva Masih Jadi Andalan Min Kucing

Ya, yang pertama harus kamu lakukan adalah dengan membuat CV yang menarik. Untuk ini, kamu bisa gunakan banyak bantuan tools di internet. Beberapa tools ada yang berbentuk web application dan beberapa yang lainnya berbentuk aplikasi mobile.

Bahkan tidak jarang di internet, kamu bisa menemukan website CV Maker berbasis artificial intelligence. Dengan website tersebut, kamu bisa membuat CV hanya dengan memasukkan data-data penting pada form input data yang diberikan.

- Rekomendasi website untuk membuat CV jadi menarik:
  • Resume.io.
  • Resumecoach.com.
  • Canva.com.
  • CVmaker.com. 
  • Cakeresume.com
  • Kickresume.com
  • dan lain-lain.

- CV Tertarget

Pastikan bahwa kamu membuat CV yang tertarget. Artinya, jangan pernah gunakan 1 CV untuk semua jenis pekerjaan.

Semisal kamu melamar di 5 perusahaan agency untuk 5 posisi yang berbeda, yakni Content Writer, Content Planner, Copywriter, Scriptwriter, Staff Kantor. Maka jangan gunakan 1 CV yang isinya menjelaskan kemampuanmu secara umum.

Untuk perusahaan 1 yakni Content Writer, buatlah CVnya agar memiliki nilai lebih di bidang content writing. Untuk perusahaan 2 yakni Content Planner, buatlah CVnya agar memiliki nilai lebih di bidang content planning. Begitu seterusnya.

Membuat Lamaran atau CV yang Tertarget
Arsip Min Kucing dulu Saat Melamar Pekerjaan

Melelahkan?. Ya, memang.

Setidaknya lakukan ini pada pekerjaan-pekerjaan menurutmu punya peluang untuk bisa didapatkan.

Inilah yang juga Min Kucing lakukan saat melamar kerja dulu.

- Hindari CV Berisi Penilaian Pribadi, Pastikan Ada Validasi!

Kesalahan Fatal Saat Membuat CV
Tidak Ada yang Bisa Memvalidasi Hal Ini Kan Kecuali Dia Sendiri?

Pernah lihat CV seperti gambar di atas?. Perhatikan baik-baik gambar yang Min Kucing lingkari.

Model penilaian seperti ini sudah seharusnya ditinggalkan ketika sedang membuat CV. Apalagi rerata penilaian tersebut, disandarkan pada penilaian pribadi.

Penilaian seperti ini baru bisa digunakan apabila dilengkapi dengan keterangan tambahan tentang siapa yang memberikan penilaian. Pastikan bahwa yang memberikan penilaian berasal dari lembaga yang benar-benar kompeten dan kredibel.

Bila perlu sematkan link website atau contact person lembaga yang memberikan kamu penilaian tersebut.

Ingat, untuk jangan pernah lupakan validasi.

- CV Sederhana Tidak Selamanya Jelek

Terakhir dari tips atau cara efektif melamar pekerjaan yang pertama adalah percaya, bahwa tidak semua CV yang sederhana itu jelek. Ingat, bahwa yang dilihat oleh HRD itu adalah kemampuan kamu.

Kecuali jika kamu melamar pekerjaan di role model designer, maka jelas CV dengan desain yang menarik akan punya nilai lebih.

Tapi ya, jangan memberikan terlalu banyak elemen juga ya!.

2. Membuat Portofolio yang Menarik

Tips Membuat Portofolio Jadi Lebih Menarik
Sumber: Google Images

"Bagaimana caranya membuat portofolio yang menarik, sedangkan saya saja baru melamar kerja?."

Inilah yang juga Min Kucing pernah rasakan semasa jadi fresh graduate. Rata-rata lowongan pekerjaan yang Min Kucing lihat di internet mewajibkan pelamarnya untuk memiliki portofolio.

Lantas apa yang Min Kucing lakukan?.

Min Kucing menelisik lebih dalam tentang apa saja yang sudah Min Kucing lakukan semasa kuliah, dan sekiranya bisa menjadi poin lebih ketika dibuat menjadi portofolio.

Ya, Min Kucing membuat portofolio dari tulisan-tulisan Min Kucing yang pernah dipublikasikan di media online. Seperti Inwepo.co, Opini.id (sudah hangus websitenya) dan juga Anakteknik.co.id.

Kebetulan juga role model pekerjaan yang Min Kucing banyak lamar saat itu adalah menjadi Content Writer.

Ketika Min Kucing melamar pekerjaan sebagai admin media sosial, Min Kucing menaruh keterangan di portofolio, bahwa Min Kucinglah admin dari Grup Facebook Tips dan Trik Komputer dengan jumlah anggota mencapai 25 ribu orang.

Grup Facebook Tips dan Trik Komputer
Yuk Gabung Segera

Keterangan itu Min Kucing juga dilengkapi dengan statistik perkembangan grup. Min Kucing juga menyematkan keterangan lain bahwa Min Kucing juga mengurus akun Instagram pribadi @andrimarzaakhda dan juga @kabol_kawanbola (ganti nama jadi Kopizens).

Terkadang hal-hal kecil inilah yang bisa memacu rasa percaya diri kamu untuk melamar pekerjaan yang diinginkan.

- Rekomendasi website untuk membuat portofolio jadi menarik;
  • Canva.
  • Dribble.
  • Behance.
  • Clippings.me
  • Wix.
  • Adobe Portofolio
  • Portfoliobox.

- Portofolio Tertarget

Sama seperti sebelumnya, pastikan kamu membuat portofolio yang tertarget, yang isinya relevan dengan role model pekerjaan yang kamu lamar.

- Dapatkan Banyak Referensi di LinkedIn

Membuat portofolio yang menarik tidaklah mudah.

Terkadang kita bingung tentang poin-poin atau karya-karya apa saja yang ingin ditampilkan di dalam portofolio. Saking bingungnya, beberapa orang bahkan membuat portofolio lebih dari 20 lembar.

Memang, tidak ada batasan wajar untuk membuat portofolio ini. Tapi HRD tentu saja bosan melihat lembaran kertas yang banyak, palingan ia hanya melihat 1-5 lembar saja.

Oleh sebab itu, pilihlah karya yang menurutmu benar-benar akan membuatnya kagum. Jangan lupa untuk sematkan keterangan secukupnya.

3. Mencari Lowongan Pekerjaan

Cara Efektif Melamar Pekerjaan
Sumber: Instagram

Selanjutnya adalah mulai mencari lowongan pekerjaan. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi lowongan pekerjaan ini. Kamu bisa gunakan platform media sosial seperti Instagram, LinkedIn, Indeed dan lain-lain.

Untuk website seperti LinkedIn, Indeed dan sejenisnya mungkin akan sangat merepotkan di awal. Di mana kamu harus bisa mengatur profil mu agar benar-benar menarik.

Lain waktu, Min Kucing akan memberikan tips khusus bagaimana caranya membuat profil LinkedIn yang menarik.

Jika kamu mencari lowongan pekerjaan di Instagram, maka kamu perlu was-was. Meskipun tidak semuanya, tapi ada saja lowongan pekerjaan yang zonk di Instagram.

Oleh sebab itu langkah pertama yang harus kamu lakukan pada tips/cara efektif melamar pekerjaan ketiga ini adalah;

- Pastikan kredibilitas perusahaan

Lihat Visibilitas Perusahaan di Google
Sumber: Google.com

Lihat baik-baik siapa pemilik perusahaan tersebut, cari tahu bionya lengkap di Google. Terkhusus Agency, biasanya memiliki informasi ini lengkap pada website, atau media sosialnya seperti di LinkedIn, Instagram atau TikTok.

Cari di Google dengan keyword sesuai nama perusahaan yang ingin dilamar. Apabila perusahaan Agency tersebut sudah terkoneksi dengan Google My Business, maka kamu membaca Google Reviews yang didapatkannya.

Cek alamat perusahaan tersebut menggunakan Google Map.

- Baca Baik-Baik Cara Perusahaan Menuliskan Job Description untuk Info Loker Mereka

Selanjutnya adalah dengan membaca baik-baik bagaimana cara perusahaan tersebut menuliskan job description pada posisi yang mereka tawarkan.

Cara mereka menuliskan job description akan menggambarkan dengan jelas bagaimana tingkat pemahaman perusahaan tersebut terhadap posisi yang ditawarkan.

Apabila perusahaan menuliskan job description yang melebihi kapabilitas seharusnya dari posisi yang dilamar, maka kamu yang melamarnya dan diterima, pasti akan menderita.

Ini adalah tanda yang jelas bahwa perusahaan tidak mengerti posisi yang mereka sendiri tawarkan.

- Baca Baik-Baik Apa yang Akan Dapatkan

Memang tidak semua perusahaan berani menuliskan lebih tentang apa yang akan didapatkan oleh pelamar kerja.

Umumnya mereka hanya menuliskan tentang berapa fee yang akan didapatkan, beserta fasilitas umum, seperti smartphone ataupun laptop untuk bekerja.

Ingat untuk jangan tergiur dengan penjelasan yang ambigu. Saat Min Nikunews masih berjuang mencari kerja, Min Nikunews temukan loker yang isi pada bagian apa yang akan kita dapatkan sebagai pelamar seperti ini;

"Bonus tidak terhingga".

Stupid. Jika bonus yang diberikan sesuai dengan komisi jumlah produk yang berhasil kita jual, semisal per 1 produk terjual, kita mendapatkan komisi sebesar Rp.5.000, ya berarti itu ada batasnya.

5. Mulai Melamar

Ok, di sini Min Kucing akan langsung bagikan saja template untuk surat lamaran yang dulu sering Min Kucing gunakan semasa berjuang mencari pekerjaan.

- Template Surat Lamaran


- Kata-Kata Intro Lamaran Pekerjaan di Email ataupun WhatsApp Personal
"Yth. HRD (nama perusahaan)
Alamat Perusahaan

Sesuai informasi adanya lowongan pekerjaan di (nama perusahaan) yang saya dapatkan di website/Instagram ...., saya (nama kamu), bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung di (nama perusahaan). Adapun bagian pekerjaan yang ingin saya lamar adalah (nama pekerjaan yang dilamar).

Bersamaan dengan WhatsApp/Email ini, telah saya lampirkan 1 file pdf dengan nama (nama file sesuai yang dipinta perusahaan) yang memuat data-data lamaran, yakni;

- Surat Lamaran Kerja
- Curriculum Vitae
- Portofolio (tambahan dokumen lain yang dipinta perusahaan)

(- Atau -

Bersamaan dengan WhatsApp/Email ini, telah saya lampirkan link online Issu (berikan link Issunya) yang berisikan data-data lamaran, yakni;

- Surat Lamaran Kerja
- Curriculum Vitae
- Portofolio (tambahan dokumen lain yang dipinta perusahaan)
)
Sebelumnya, lamaran ini telah saya kirimkan juga melalui email (email perusahaan). Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih".

Untuk kata-kata ini sebenarnya bisa kamu kirimkan ke email atau WhatsApp perusahaan penyebar loker.

Tapi, jika di dalam informasi lowongan pekerjaan tersebut dikatakan "Kirimkan lamaran melalui email" atau sejenis, maka jangan ambil resiko untuk mengirimkan kata-kata di atas juga di WhatsApp atau Email perusahaan.

Berikan sesuai dengan apa yang mereka minta.


O iya untuk CV dan Portofolio yang ada, kamu bisa membuatnya untuk tampil secara online di Isssu.

Cara Efekitf Melamar Pekerjaan
Arsip Min Kucing

Ingat, semakin mudah HRD melihat informasi dirimu, maka semakin ia tertarik untuk lebih mengenalmu. Setidaknya itu yang Min Kucing rasakan dulu ketika mendapatkan 30 panggilan kerja setelah fresh graduate, dan baru keterima di panggilan ke 33.

Mengsad.

6. Follow Up Lamaran

"Selamat Pagi/Siang..

Saya (Nama kamu), pelamar daripada (nama posisi yang dilamar) di (nama perusahaan) izin untuk meminta konfirmasi pengumuman lamaran pada hari ini. 

Apakah saya dapat bergabung dengan perusahaan (nama perusahaan) atau belum..?

Sebelumnya, lamaran pekerjaan ini telah saya kirimkan melalui email (nama email Anda) ke (nama email perusahaan).

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.."

Yang terakhir dalam tips/cara efektif melamar pekerjaan adalah dengan melakukan teknik follow up lamaran yang sudah dikirimkan.

Jangan malu untuk melakukan ini, karena kamu pasti butuh kepastian.

Kecuali jika di dalam info lowongan pekerjaan sebelumnya terdapat keterangan "Jika di Tanggal ...., Anda Tidak Mendapatkan Email atau Pesan Balasan dari Kami, Maka Anda Belum Kami Terima" atau sejenisnya, ya jangan di-follow up lagi.

Inilah penjelasan lengkap tentang cara efektif melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat!.

37 komentar:

  1. Nah aku jg kemarin sempat membuat portofolioku by aplikasi canva dan tampilannua cantik sekali. Cv ku jadi berwarna dan menarik. Tapi cv ini kusubmit di raja backlink hehehe. Krn kalau melamar pekerjaan offline belum memungkinkan.

    BalasHapus
  2. Rekomendasi website untuk membuat CV yang menarik ini sangat bermanfaat. Apalagi informasi beberapa aplikasi untuk membuat portofolio yang menarik. Salah satu trik agar HRD melirik kita adalah ya membuatnya CV dan portofolio semenarik mungkin. Bukan begitu ya?

    BalasHapus
  3. Wah, terima kasih buanyaaak telah berbagi info bermanfaat ini. Tutorial banget pula. Walaupun untuk lamar melamar diriku sudah kelebihan usia, bisa kusimpan buat anak nanti ... walaupun nantinya juga cukup lama. heheheh ...

    BalasHapus
  4. Pernah ngerasain ini waktu lamaran kerja dulu, ternyata memang harus diperbaiki CV karena itu jadi penilaian pertama saat melamar pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, cara kita menuliskan CV menandakan kita siap untuk kerja atau tidak..

      Hapus
  5. Saya jadi ingat cerita adik yang sekarang bekerja di PT dan posisinya cukup tinggi. Ia pernah membicarakan tentang cara menulis CV yang bagus dan di mana bikinnya. Ia bilang itu rahasianya diterima kerja di mana saja dengan mudah sebelum di posisi yang sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya CV yang bagus dan juga tertarget jadi poin penting untuk keterima di perusahaan.

      Hapus
  6. Nggak jarang aku menemukan CV yang isinya tuh skor bintang skill hasil validasi diri. Pernah sih aku terpikir untuk memunculkan hal yang serupa di CV, tapi rupanya malah bisa menjadi bumerang buat diri sendiri ya karena suatu skill begini kan nggak bisa dinilai sendiri dan belum selalu penilaiannya tepat sesuai kebutuhan perusahaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya benar, kecuali sudah ada keterangan tambahan tentang siapa yang memberikan nilai bintang tersebut..

      Hapus
  7. Terima kasih untuk infonya, Min. Makin sekarang cari kerja makin sulit, saingan makin banyak, jadi harus banyak cari informasi seputar ini supaya peluang untuk dapat kerja lebih besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama. Semoga ke depannya lapangan pekerjaan makin banyak ya..

      Hapus
  8. Sekarang bikin cv, rate card udah nggak seribet dulu yang kudu nulis tangan. Dan canva saat ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan buat bikin lamaran pekerjaan ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, apalagi sudah ada bantuan dari teknologi berbasis AI

      Hapus
  9. Lengkap sekali info cara efektif melamar pekerjaannya...plus contoh pula. Pasti bermanfaat buat yang mencari pekerjaan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, bisa dishare untuk yang memerlukan nih...

      Hapus
  10. Jadi mikir setelah baca tulisan ini, aslinya kecerdasan digital itu sangat dibutuhkan dan menunjang proses kita melamar kerja lho ya di masa sekarang. Kalau cuma asal melamar kerja, tidak ada kekuatan sumber info penunjang kelebihan kita, orang pun jadi kurang ada pertimbangan untuk memanggil kita bahkan hanya mengikuti proses rekrutmen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk itulah perlu adanya portofolio yang mendukung ya..

      Hapus
  11. Wahh thank you rekomendasinya Kak, kebetulan lagi cari cari referensi untuk bikin CV. Bermanfaat banget

    BalasHapus
  12. yah, khayal-khayal babu memang pasti pernah dirasain semua orang, termasuk akyu, haha.. Memang kalo melamar pekerjaan itu nggak bisa sembarangan yah, ada rumus-rumus yang harus diikuti, yah setidaknya cv kita itu dihargai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, harus tepat sasaran, agar CV kita dinilai oleh orang yang tepat..

      Hapus
  13. Betul, terasa banget, salah satunya mempersiapkan diri membuat CV dan Portofolio yang menarik. Itu berpengaruh banget. Terlebih jika portofolio kita paket komplit dengan segala karyanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, CV dan Portofolio itu dua bagian penting saat melamar pekerjaan, terlebih di industri kreatif

      Hapus
  14. waah, thank you kak. informasinya bermanfaat bgt. mau tak forward ke adekku yang freshgrad baru mau nyari kerja. ---dila bahar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya kak..dan adiknya bisa keterima kerja di tempat yang layak dan nyaman untuknya..

      Hapus
  15. Sekarang udah banyak referensi cara melamar kerjaan dari bikin CV smp pengalaman kerja tinggal kita rajin ngulik aplikasi yg ada aja y kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar, terlebih internet sudah gratis dan bebas digunakan. Tapi entahlah nanti kalau perpres jurnalisme diterbitkan..ehehe.

      Hapus
  16. banyak sekali manfaatnya niy kak untuk orang-orang yang akan melamar pekerjaan, sehingga dengan menerapkan tips di atas jadi lebih efektif saat melakukan proses lamaran pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaps, bisa dishare ke teman atau saudara yang sedang berjuang mencari pekerjaan

      Hapus
  17. siapa tahu lagi ada yang cari lowongan kerja, perusahaan start up suamiku juga mengurus persoalan HR, silahkan mampir ke klob.id

    BalasHapus
  18. Lengkap sekali caranya kak. Kalau dulu masih pakai cara nyontek CV teman yang lolos wkwkwk, sekarang bisa pake generator di website ya. Lebih simple

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, sekarang tinggal pakai bantuan AI dan beres

      Hapus
  19. Kalau sudah memiliki hal-hal diatas udah terjamin lah, apalagi kalau sampe ada profil khususnya di Google seperti itu..

    BalasHapus