Cara Mengaktifkan Mode Night Light di Windows 10

Cara Mengaktifkan Mode Night Light di Windows 10
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Mengaktifkan Mode Night Light - Halo kembali lagi bersama dengan Min Kucing. Kali ini Min Kucing akan berbagi tips dan trik terbaru untuk kamu bisa mengaktifkan mode night light.

Tapi sebelum lanjut, Min Kucing ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu mode night light. Sesuai dengan namanya, mode night light adalah fitur Windows yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat di malam hari.

Baca Juga: Cara Mengatur User Account Control di Windows 10

Mode ini sangat jauh berbeda dengan dark mode. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membuat mata tidak cepat lelah melihat layar komputer atau laptop, tapi dark mode akan menampilkan cahaya layar seredup mungkin dengan dominasi warna hitam.

Sedangkan mode night light akan meredupkan cahaya layar dengan dominasi warna kuning. Warna yang dianggap bersahabat untuk mereka yang suka membaca.

Tidak heran bukan jika banyak novel di luar sana yang didesain dengan kertas berwarna agak kekuningan.

Ok, Min Kucing rasa cukup untuk basa basinya. Mari kita lanjut ke pembahasan inti yakni cara mengaktifkan mode night light.

Cara Mengaktifkan Mode Night Light


  • Tekan tombol Windows + I secara bersamaan. Tombol ini akan mengarahkan kamu ke jendela Windows Settings. Di dalamnya pilih menu System.

    Windows Settings
    Windows Settings

  • Di bagian display, kamu sudah bisa mengaktifkan mode Night Light dengan mudah hanya dengan menggeser toggle icon.

    Display Settings
    Display Settings

  • Untuk pengaturan lebih lanjut, akses menu Night light settings.

    Cara Mengaktifkan Mode Night Light
    Night Light Settings

  • Di dalamnya, kamu bisa mengatur tingkat kekuatan pencahayaan mode ini. Kamu juga bisa mengatur secara otomatis kapan mode night light harus aktif. Gunakan akses menu Set hours.

    Cara Menjadwalkan Mode Night Light
    Schedule

  • Pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengaktifkan mode night light di Windows 10.

Pantengin terus blog ini ya!.

O iya, untuk kamu yang ingin mendapatkan asupan tips komputer harian, bisa gabung ke Grup Tips dan Trik Komputer Facebook segera!!.

21 komentar:

  1. di rumah satu PC sama suami, auto diubah setting layarnya jadi mode night padahal aku lebih suka yang biasa aja. mode night bikin burem kehidupan, eh gak juga yaaah cuma karena perasaanku aja

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak ya, telah bersedia berbagi pengetahuan tentang cara mengaktifkan mode night light di windows 10.

    BalasHapus
  3. Biasanya pakai fitur ini di handphone, setelah baca artikel ini jadi tahu cara settingnya di laptop. Terima kasih tipsnya Min Kucing, sudah sukses saya terapkan langkah-langkahnya.

    BalasHapus
  4. Baca sambil praktek. Agak aneh lihat layar agak kuning atau oren gitu. Tapi lama-lama ngga ngaruh kaya putih.

    BalasHapus
  5. Info-info kayak gini walaupun terasa sepel tapi penting banget buat bisa diketahui banyak orang karena kadang hal-hal kayak gini menarik untuk dikulik tapi banyak yang gak tau

    BalasHapus
  6. keren bos............
    sudah langsung ane praktekan boskuh....
    terimakasih elmunya
    salam rahayu
    wahono secret

    BalasHapus
  7. Tweaking ringan yang membantu bagi yang ingin nyaman di depan komputer malam hari. Terima kasih.

    BalasHapus
  8. Beruntung saya menemukan artikel ini, karena mengaktifkan mode night light itu sangat penting untuk saya yang banyak bergumul dengan bacaan dan ketikan di laptop.

    BalasHapus
  9. Yaelah, malah baru tau nih ada mode night light di windows 10. Cobain ah entar.

    BalasHapus
  10. Oh ok . Ternyata bisa ya dibuat schedule night mode. Bisa dicoba nanti bila dibutuhkan nih. Terima kasih artikelnya ya Kak

    BalasHapus
  11. Cara Mengaktifkan Mode Night Light di Windows 10 adalah artikel yang sangat informatif. Mode Night Light adalah fitur yang berguna untuk mengurangi pencahayaan layar dan membuatnya lebih nyaman bagi mata, terutama saat digunakan di malam hari.

    Artikel ini memberikan panduan yang jelas tentang cara mengaktifkan mode Night Light, termasuk panduan langkah demi langkah yang akan sangat membantu pengguna Windows 10. Pengguna akan senang menemukan bahwa mengaktifkan mode ini tidak hanya memudahkan mata saat malam hari, tetapi juga dapat diatur secara otomatis dengan jadwal yang sesuai.

    Selain itu, penjelasan singkat mengenai perbedaan antara mode Night Light dan dark mode merupakan tambahan yang baik untuk membantu pemahaman pengguna. Min Kucing juga memberikan sentuhan pribadi yang ramah dalam tulisan ini.

    Terima kasih atas artikel ini, dan saya yakin banyak pengguna Windows 10 akan menemukan panduan ini sangat berguna untuk menjaga kenyamanan mata mereka saat menggunakan komputer di malam hari. Tetaplah memberikan informasi bermanfaat seperti ini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih..sangat natural komentar masnya ini

      Hapus
  12. Ini sudah saya terapkan sejak upgrade ke windows 11, postingan yang sangat membantu buat yang mau pake mode night light.

    BalasHapus
  13. Mode night light sangat penting, terutama kalau udah menjelang malem. Makasih infonya!

    BalasHapus
  14. Siiipp.... laptopku sudah di setting night mode biar nyaman digunakan saat malam hari.... terima kasih infonya kak....

    BalasHapus
  15. Saya lebih nyaman pake mode light. karena kurang suka dengan yang gelap gelap. terlebih gelap itu biasanya menyeramkan. tapi bisa juga jadi romantis. gmn konteksnya. hehe

    BalasHapus
  16. Sebenarnya fungsi dari mode night light ini sendiri apa ya kak, selain membuat mata tidak cepat lelah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, prinsipnya sama kaya buku novel yang kertasnya kuning

      Hapus
  17. Baru bulan kemarin aku nyari tutorial ini, sehabis upgrade PC. Kebiasaan begadang, kalau terlalu cerah kurang nyaman di mata. Jadi lebih suka tampilan mode malam. Begitu juga di perangkat mobile.

    BalasHapus
  18. Aku pakai mode terang melulu huhu, padahal ya mode night light yang akan meredupkan cahaya layar dengan dominasi warna kuning lebih bersahabat untuk mata. Okelah nanti kuaktifkan saja mode night light biar mata tetap sehat

    BalasHapus