Cara Melakukan Clean Boot di Windows 10 untuk Atasi Masalah Sistem

Cara Melakukan Clean Boot di Windows 10
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Melakukan Clean Boot di Windows - Windows adalah salah satu sistem operasi terpopuler di dunia. Teknologi yang pertama kali dikembangkan oleh Bill Gates ini memang telah sukses mencuri perhatian dunia. Adanya Windows memudahkan kita untuk merasakan pengalaman menggunakan komputer pribadi di rumah atau untuk keperluan sekolah.

Bisa dibilang bahwa Windows adalah sistem operasi visioner untuk penggunaan komputer bukan untuk pengguna non teknis. Seiring dengan perkembangan waktu, Windows terus berkembang dan melahirkan banyak versi. Dimulai dari Windows XP, NT, 98, Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, dan terakhir Windows 11.

Beritanya sekarang Windows bakal mengeluarkan versi terbaru yakni Windows 12 di tahun 2024 ini dan dukungan terhadap Windows 10 bakal di-stop pada tahun 2025. Meskipun demikian, pengguna Windows 10 di seluruh dunia masih banyak.

Hal inilah yang juga mungkin mendasari dukungan Copilot untuk Windows 10 bakal diadakan.

Lari dari pembahasan ini, sebenarnya ada banyak alasan mengapa Windows begitu unggul sebagai sistem operasi komputer. Selain bersahabat untuk pengguna non teknis, Windows juga memudahkan penggunanya untuk melakukan perbaikan mandiri.

Yang kadangkala perbaikan mandiri tersebut dapat dilakukan dengan fitur otomatis troubleshooting dan juga dengan cara manual yakni mengutak-atik peraturan sistem. 2 tipe solusi ini dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah pada software, drivers, proses startup dan lain-lain.

Untuk cara pertama memang terkadang seringnya gagal, dan cara kedua justru lebih banyak worth it. Nah, untuk menambah wawasan kamu tentang solusi kedua demi atasi masalah pada software, drivers, proses startup dan lain-lain, maka kita akan belajar cara melakukan clean boot di Windows 10.

Apa itu Clean Boot?. Clean boot adalah fitur di mana sistem akan melakukan booting tanpa harus menjalankan services ataupun drivers yang tidak diperlukan. Fitur ini akan meringankan kinerja sistem Windows pada saat start-up dan hanya memuat services atau drivers yang diperlukan saja.

Lalu, bagaimana cara kita melakukannya?. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untukmu, simak baik-baik ya!.

Cara Melakukan Clean Boot di Windows 10


  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu ketikan kata msconfig dan tekan enter.

Perintah Msconfig
Sumber: msconfig

  • Jendela system configuration akan terbuka. Pilih tab General, lalu pilih opsi Selective startup dan hilangkan tanda pada Load startup items. Jangan lupa untuk Apply ya.

System Configuration Startup Selection
Startup Selection

  • Kemudian beralih pada tab Services. Beri tanda centang pada opsi Hide All Microsoft services. Setelah itu pilih Disable All.

System Configuration Services
System Configuration Services

  • Terakhir, beralih ke tab Startup, lalu klik Open Task Manager.

Cara Melakukan Clean Boot di Windows
System Configuration Startup

  • Di dalam jendela Task Manager, kamu bisa melihat aplikasi yang berjalan di startup. Pilih aplikasi tersebut lalu klik Disable

Cara Melakukan Clean Boot di Windows
Task Manager

  • Setelah itu tutup peraturan msconfig dan pilih opsi Restart. 


  • Untuk bisa menjalankan windows dengan boot normal, yang perlu kamu lakukan adalah kembali mengakses msconfig. Pilih opsi normal startup di tab General, aktifkan service yang sebelum di-disabled.

Inilah penjelasan lengkap cara melakukan clean boot di Windows 10.


Pantengin terus blog Kucingkomputerin.com ini untuk dapatkan informasi terbaru lainnya ya!. Bisa juga dengan gabung grup Facebook Tips dan Trik Komputer.

10 komentar:

  1. Saya agak awam soal clean booth pada windows komputer. Mungkinirip clean booth pada smartphone yang sudah terlalu penuh memorinya dan sering ngehang. Thx infonya

    BalasHapus
  2. Baiknya untuk durasi berapa lama Kak harus clean boot windows ini? Mengingat aku sejak beli laptop nggak pernah clean boot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Clean boot ini durasi pelaksanaanya tidak lama, prosesnya tergantung pada performa perangkat sendiri. Dilakukan kalau memang kinerja Windows dirasa sudah berat banget

      Hapus
  3. Apakah semua harus di clean boot gini ya? Saya kira sistem terbaru bgini gak perlu booting kayak udah otomatis sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kinerja dari Windowsnya, kalau saat bootingnya saja sudah berat, clean boot bisa jadi solusinya

      Hapus
  4. Wah.. terima kasih, Kak. Info ini berguna banget nih bagi pengguna window yang awam seperti aku. Jadi, bisa tahu hal teknis seperti clean boot ini..

    BalasHapus
  5. Mau nyobain clean boot windows 10 tap nanti deh setelah kerjaan selesai, mengingat laptopnya udah banyak banget file yang kadang ada beberapa aplikasi yang asalnya bagus malah menjadi ga bisa dibuka atau sering ada warning apa, baca artikel ini jadi tahu urutan langkahnya, nanti mau dicoba

    BalasHapus
  6. Tutor seperti ini berguna banget loh buat yang lagi ada masalah dengan PC nya.

    Laptop ku sepertinya juga butuh banyak perhatian. Mulai dari loading lamaaa banget, sampai tombol keyboard yang suka mati sendiri. Tapi kok mau coba-coba tutor perbaiki laptop sendiri masih takut ya. Ngeri tambah kacau. Wkwkwk

    BalasHapus
  7. Noted kak. Makasii banyak infonya bermanfaat banget. Terus terang aku awam banget clean boot windows gini. Gak ngerti gimana caranya. Setelah baca ini jadi lebih ngerti.

    BalasHapus
  8. Nah ini dia, saya gak berani untuk melakukan service mandiri. Mungkin bisa dicoba asalkan sesuai yang kakak tuliskan ini. makasih tutorialnya ya kak

    BalasHapus