Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop

Halo, kembali lagi bersama dengan Min Kucing.

Setelah sebelumnya Min Kucing berbagi tips tentang cara cek kesehatan RAM komputer, kali ini Min Kucing akan berbagi tips dan trik tentang cara mengecek kesehatan baterai laptop.

Adapun cara ini dapat kita lakukan dengan mudah melalui perintah CMD atau Command Prompt. Tutorial ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang mungkin lagi ada masalah dengan baterai laptopnya.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Kinerja Hardware Komputer

Semisal baterai tidak lagi mampu menampung daya yang ada, sehingga harus terus menerus digunakan dalam keadaan charging. Atau, baterai laptop cepat kehilangan dayanya. Nah, untuk memastikan apakah baterai masih layak pakai atau tidak, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop


  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Akan muncul kotak dialog Run. Di dalamnya, ketikan kata CMD.

    Akses Perintah CMD
    Akses CMD

  • Tekan tombol OK, lalu jendela Command Prompt akan terbuka. Langsung saja ketikan perintah powercfg /batteryreport, dan enter.

    Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop
    Powercfg Batteryreport

  • Perintah tadi akan menunjukkan lokasi alamat file hasil laporan baterai berada. Buka Windows Explorer kamu. Gunakan tombol Windows + E untuk mempercepat proses yang ada. Beralih langsung sesuai dengan hasil alamat file laporan baterai sebelumnya. Pada file bernama battery-report dengan extension Chrome, klik kanan dua kali.

    Hasil Pengecekkan Baterai Laptop
    Hasil Pengecekan Baterai Laptop

  • Di sinilah kamu bisa melihat hasil dari permintaan laporan baterai sebelumnya. Jika nilai daripada Design Capacity dan Full Charge Capacity mempunyai jarak perbedaan lebih dari 50%, maka kamu disarankan untuk mengganti baterai laptop tersebut.

Inilah cara mudah mengecek kesehatan baterai laptop.

Jika hasil pengecekkan kamu sama seperti Min Kucing, maka bisa dipastikan bahwa baterai kamu kurang terpasang dengan baik.

Mungkin, Min Kucing akan membahas lebih lengkap tentang penyebab mengapa baterai laptop gampang rusak di lain artikel. Ya, hitung-hitung sebagai langkah pencegahan juga ya. So, pantengin terus blog ini ya!.

O iya, untuk kamu yang mau mendapatkan tips komputer harian, silahkan gabung di Grup Tips dan Trik Komputer Facebook segera!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar