Cara Mengoptimalkan Kinerja Hardware Komputer

Cara Mengoptimalkan Kinerja Hardware Komputer
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Mengoptimalkan Hardware Komputer - Halo, kembali lagi bersama dengan Min Kucing. Kali ini Min Kucing akan berbagi tips dan trik komputer terbaru. Tips ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang mungkin lagi ada masalah dengan komputer atau laptopnya.

Terutama soal kinerja hardware yang dimiliki terasa lambat, terutama untuk kerjaan yang melibatkan elemen grafis, seperti desain dan video editing.

Satu hal pasti yang menjadi masalah di sini adalah kartu grafis yang kamu miliki. Selain karena loadnya kerja yang diberikan mungkin terlalu besar untuknya, bisa jadi memang kartu grafis yang kamu miliki tidak didesain untuk pekerjaan grafis berat.

Baca Juga: Cara Cek Kerusakan RAM Komputer

Semisal pekerjaan grafis dengan Adobe Illustrator, Adobe Premiere, Adobe Animate, After Effects dan lain-lain.

Solusi terbaik mungkin adalah segera mengganti perangkat kartu grafis yang dimiliki. Tapi, apa jadinya jika kamu belum cukup modal untuk menggantinya.

Nah, yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi beban kerjanya, semisal hanya membuka aplikasi grafisnya saja, dan juga mengaktifkan fitur Hardware Acceleration.

Apa itu Hardware Acceleration?


Sesuai dengan namanya, hardware acceleration adalah fitur bawaan Windows yang berguna untuk mengakselerasi kinerja daripada perangkat keras yang ada.

Cara Mengoptimalkan Hardware Komputer


  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan dan ketikkan perintah regedit.

    Perintah regedit
    Perintah regedit

  • Jendela Registry Editor akan terbuka. Segera beralih ke bagian GraphicsDrivers, dengan cara masuk ke direktori Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\GraphicsDrivers

    Registry Editor
    Registry Editor

  • Klik kanan lalu pilih New > DWORD (32-bit) Value > beri nama HWASchMode. Klik dua kali, dan di bagian value data, pastikan nilainya adalah 2, untuk basis datanya adalah Hexadecimal.

    Cara Mengoptimalkan Kinerja Hardware Komputer
    HwSchMode

  • Klik OK untuk menyimpan perubahan yang ada. Restart komputer.

Inilah cara mudah mengoptimalkan kinerja hardware komputer melalui fitur Hardware Acceleration. Jika ingin menonaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah di awal namun saat di bagian pengisian value data, masukan angka 1.

O iya, untuk kamu yang ingin dapatkan tips komputer harian, bisa banget untuk gabung di Grup Tips dan Trik Komputer Facebook segera!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar