Cara Mengatasi Mouse yang Scrolling Otomatis di Windows 10

Cara Mengatasi Mouse  Scrolling Otomatis Windows 10
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Mengatasi Mouse Scrolling Otomatis - Mouse adalah salah satu hardware penting dari komponen komputer. Mouse digunakan untuk memudahkan pengguna mengarahkan kursor di layar monitor sesuai keinginan. Ya, bisa dibilang mouse adalah teman terbaik untuk kamu yang kesusahan menggunakan touchpad.

Tapi, apa jadinya jika mouse yang selama ini menjadi andalan malah mengalami error. Salah satu jenis error yang sering dialami oleh pengguna mouse adalah scrolling otomatis. Tentu saja ini akan sangat mengganggu pandangan utama kita saat melihat layar komputer.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Mode Night Light di Windows 10

Ada banyak sebab mengapa hal ini bisa terjadi. Yang paling sering adalah trackball atau scroll button yang kotor dan lengket dengan debu yang menempel dari tangan.

Cara mudah untuk mengatasi ini tentu saja adalah dengan membersihkan scroll button tersebut. Tapi, bagaimana jika mouse tetap scrolling otomatis meski sudah dibersihkan?.

Nah, berikut ini Min Kucing akan berbagi 4 cara mengatasi mouse scrolling otomatis. Dimulai dari cara yang pertama yakni;

1. Menggunakan Fitur Troubleshoot


  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Di dalam kotak dialog Run yang muncul, ketikan perintah msdt.exe -id DeviceDiagnostic, dan klik Ok.

    Perintah msdt.exe -id DeviceDiagnostic
    msdt.exe -id DeviceDiagnostic

  • Tekan tombol Next dan setelahnya setujui proses yang ada dengan pilih Apply this fix.

    Cara Mengatasi Mouse Scrolling Otomatis dengan Troubleshoot
    Hardware and Devices Troubleshoot

  • Ikuti proses yang ada dan tunggu hingga selesai. Apabila cara ini belum berhasil segera beralih ke cara kedua, yakni menghapus perangkat tersembunyi. Bisa jadi scrolling otomatis yang kamu alami ini berasal dari mouse yang berbeda.

2. Menghapus Perangkat Tersembunyi


  • Tekan tombol Windows+ R secara bersamaan. Di dalam kotak dialog Run yang muncul ketikan perintah devmgmt.msc, lalu klik Ok.

    Perintah Devmgmt
    devmgmt.msc

  • Jendela Device Manager akan terbuka. Fokus pada menu View, lalu pilih Show hidden devices.

    Cara Mengatasi Mouse Scrolling Otomatis dengan Device Manager
    Device Manager

  • Cari mouse, dan lihat lebih banyak. Lakukan proses uninstall untuk mouse yang memang tidak lagi digunakan. Jika cara ini belum ampuh juga, kamu bisa beralih ke cara yang ketiga, yakni dengan menyesuaikan settingan mouse.

3. Mengubah Settingan Mouse


  • Tekan tombol Windows + I secara bersamaan. Di dalam jendela Windows Settings pilih Devices.

    Windows Settings
    Windows Settings

  • Tepat di sisi kiri menu Device Settings, pilih Mouse. Fokus pada bagian Roll the mouse wheel to scroll. Pilih Multiple lines at a time. Jangan lupa untuk mengaktifkan pilihan Scroll inactive windows when i hover over them dengan cara menggeser toggle icon jadi On.

    Mouse Settings
    Mouse Settings

  • Tepat pada menu Related settings, pilih Additional mouse options Pilih tab Wheel. Lalu di bagian Vertical Scrolling dan juga Horizontal Scrolling pilih opsi The following number of lines at a time. Min Kucing mengisinya dengan angka 3.

    Mouse Properties
    Mouse Properties

  • Tekan Ok untuk menyimpan. Jika cara ketiga ini tidak berhasil, kamu bisa langsung beralih ke cara keempat yakni dengan melakukan proses uninstall dan install kembali mouse.

4. Uninstall & Install Mouse


  • Tekan tombol Windows+ R secara bersamaan. Di dalam kotak dialog Run yang muncul ketikan perintah devmgmt.msc, lalu klik Ok. Cari mouse, lalu klik kanan dan pilih Uninstall device.

    Device Manager
    Device Manager
     
  • Setelah itu pilih menu Action, dan pilih sub menu Scan for hardware changes untuk proses pengecekan hardware terpasang yang baru. Lakukan restart, dan error mouse yang kamu alami pun bisa teratasi.

Jika masih bermasalah, maka kamu bisa melakukan metode Windows Update. Adapun cara ini nantinya akan Min Kucing jelaskan pada artikel berikutnya. Jadi, pantengin terus blog Kucingkomputerin.com ini ya!.

Baca Juga: Cara Menampilkan Logo di Semua Slide Presentasi PowerPoint

O iya, untuk kamu yang ingin mendapatkan tips komputer harian, silahkan gabung di Grup Tips dan Trik Komputer segera!!

11 komentar:

  1. Wah ini terjawab sudah misteri mouse selama ini terima kasih wawasannys ya kak

    BalasHapus
  2. Sering banget nih aku ngalamin kaya gini udah mikir rusak aja nggak tau benerinnya gimana, hehe. Soalnya kalau udah scrolling otomatis takut kemana-mana dan takut ada yg kepencet. Caranya gampang2 susah nih kayanya, harus dicermati satu2 😂

    BalasHapus
  3. Tips-tipsnya bermanfaat banget, saya belum pernah mengalaminya sih, saya pikir penggunaan mouse tinggal plug and play, maapkeun saya yang awam banget dunia ini, hanya ngerti pakai aja

    BalasHapus
  4. Aku pernah mengalami mouse scrolling otomatis kayak gini Kak. Tapi karena aku nggak sabaran, akhirnya mousenya aku copot aja deh daripada keburu bikin males. Haha. Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mouse scrolling otomatis ya, wah perlu aku catat nih supaya tidak asal copot mouse aja.

    BalasHapus
  5. Terima kasih tambahan wawasannya ini penting ... agar tidak menuduh virus yang melakukannya ... kusave dulu kaka karena harus pelan2 dan hati2 dalam melakukan pembenahan du laptop ya

    BalasHapus
  6. Makasih banyak atas penjelasannya, bermanfaat sekali buat saya yang gaptek. Semoga menjadi berkah ya min

    BalasHapus
  7. Wah ada Kucing lagi ngobrolin Tikus, hhe. Kalau mouse lari-lari sendiri itu memang bikin panik. Makasih tipnya Min, kalau ada masalah dengan komputer pasti ingat dengan blog ini deh.

    BalasHapus
  8. Sepertinya kalau masalah ini terjadi di windows 11 cara mengatasinya masih sama yaa.

    BalasHapus
  9. Terima kasih tutorialnya. Suka bingung kalo ada error dengan mouse. Memang mouse ini teman andalan saat memakai laptop. Jadi lebih leluasa.

    BalasHapus
  10. Waw langkah langkahnya perlu dicatat ini, biar sewaktu waktu ada kendala bisa sat set dibenerin

    BalasHapus
  11. Iya nih mouse scrolling otomatis bikin kesel. Mengganggu banget kalau sedang menyelesaikan pekerjaan. Makasii banyak tipsnya kak, ini membantu banget

    BalasHapus