Cara Cek Produk yang Terafiliasi Negara Israel

Cara Cek Produk yang Terafiliasi Negara Israel
Sumber: Kucingkomputerin.com

Di tahun 2023 kemarin, kita dikejutkan dengan berita tentang negara Palestina dan juga Israel. Kedua negara yang sekarang ini tengah terlibat perang.

Sebenarnya perang antara kedua negara ini sudah berlangsung sejak dulu kala. Tepatnya dimulai dari tanggal 2 November 1917. Dimulai dari surat yang ditulis oleh Menteri Luar Negeri saat itu, yakni Arthur Balfour. Surat itu ditulis dan ditujukan kepada Lionel Walter Rothschild, tokoh daripada komunitas Yahudi Inggris.

Di dalam surat yang berisikan 67 kata tersebut, pemerintah Inggris diminta untuk "mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina" dan memfasilitasi "pencapaian tujuan ini". Surat tersebut pada akhirnya dikenal dengan nama Deklarasi Balfour.

Yang pada intinya surat itu menjanjikan kepada gerakan Zionis untuk mendapatkan sebuah negara di wilayah yang 90% penduduknya adalah penduduk asli Arab Palestina.

Mandat yang diberikan oleh Inggris ini dibentuk di tahun 1923 dan berlangsung sampai tahun 1948. Selama periode waktu tersebutlah Inggris memfasilitasi gelombang kedatangan orang-orang Yahudi pasca gerakan Nazi di Eropa.

Karena gelombang kedatangan yang besar inilah, warga asli penduduk Palestina khawatir, bahwa tanah-tanah mereka akan disita pemerintah Inggris untuk diserahkan kepada warga pendatang, yakni Yahudi.

Perlawanan mereka pada akhirnya membentuk Pemberontakan Arab, berlangsung dari tahun 1936 hingga 1939. Di periode tersebut, Komite Nasional Arab meminta warga Palestina untuk memboikot produk-produk Yahudi.

Pemboikotan ini hanya terjadi selama 6 bulan, sebelum pemerintah Inggris melakukan konfrontasi besar-besaran. Mereka menghancurkan rumah dan melakukan penangkapan massal.

Di tahun 1939, Inggris mengerahkan 30.000 tentara di Palestina, desa dibom melalui udara, jam malam diberlakukan, rumah dihancurkan dan lain-lain.

Dalam waktu 3 tahun konfrontasi tersebut, dilakukan bersama dengan warga Yahudi, sudah ada sekitar 5.000 warga Palestina yang terbunuh. Sebanyak 15.000 hingga 20.000 orang terluka dan 5.600 orang dipenjarakan.

Penyerangan yang dilakukan terhadap warga Palestina ini terus berlanjut hingga ke peristiwa besar lainnya. Yakni turunnya PBB untuk membantu warga Yahudi, Nakba, Pasca Nakba, Perang 6 Hari, Intifada Pertama, Perjanjian Oslo, Intifada Kedua, Perang Saudara, Serangan Israel ke Gaza, Tanah Kanaan, dan lain-lain.

Bagaimana Sikap Indonesia Terhadap Ini?


Indonesia secara konsisten mendukung Palestina untuk menjadi negara merdeka. Hal ini sesuai landasan konstitusi Indonesia yang percaya bahwa segala bentuk penjajahan harus dihapuskan dari dunia.

Pakar hubungan internasional UGM, Dr. Siti Mutiah Setiawati, M.A menyatakan perang Palestina-Israel tentu bukanlah perang yang berlangsung dari tahun 2023 saja.

Ia mengatakan bahwa perang di tahun 2023 ini adalah rantai peperangan dari peristiwa sebelumnya.

MUI (Majelis Ulama Indonesia) sendiri juga sudah mengambil sikap tegas untuk membantu Palestina. Lembaga ini mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina.

Fatwa ini menganjurkan kepada kita untuk tidak membeli produk produk terafiliasi dengan negara Israel.

Website Bdnaash


Sebagai warga negara yang baik, kita pastinya ingin ikut serta dalam segala upaya penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Termasuk satu di antara banyak caranya adalah dengan tidak membeli produk yang terafiliasi dengan Israel.

Tapi bagaimana kita dapat mengetahui sebuah produk terafiliasi dengan Israel atau tidak?.

Jawabannya adalah menggunakan website Bdnaash.

Bdnaash sendiri adalah website yang mempromosikan konsumerisme hati nurani dengan mengidentifikasi/memfasilitasi akses informasi terhadap produk-produk apa saja yang mendukung Pendudukan Ilegal Israel terhadap Palestina.

Tutorial


  • Buka website Bdnaash terlebih dahulu. Setelah itu kamu akan dihadapkan pada tampilan website yang seperti ini;

Website Bdnaash
Website Bdnaash

  • Gunakan fitur search yang ada, lalu cari brand produk yang ingin kamu ketahui apakah terafiliasi dengan Israel atau tidak. Semisal penulis ingin mengetahui apakah Coca Cola terafiliasi dengan Israel atau tidak. Dan inilah jawabannya.

Hasil Pencarian Website Produk Coca Cola
Hasil Pencarian Coca Cola

  • Selain dengan menggunakan pencarian manual, kita juga bisa melakukan pencarian berdasarkan kamera. Caranya adalah dengan akses icon Camera.

Pencarian Melalui Foto
Pencarian Berdasarkan Kamera

  • Di sini penulis akan coba untuk cek produk minuman segar Nipis Madu Lime Soda dari PT Mayora Indah TBK, dan hasilnya

Cara Cek Produk yang Terafiliasi Negara Israel
Hasil Produk Nipis Madu Lime Soda

  • Pastikan pada saat pengambilan gambar produk, cahaya dan teksnya jelas ya. Hasil penelusuran yang penulis lakukan di Google juga membenarkan hasil ini. Di mana PT Mayora Indah TBK secara tegas menyatakan bahwa mereka tidak terafiliasi dengan Israel.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita pastinya ingin ikut serta dalam upaya menghapuskan penjajahan di atas dunia, termasuk menghapuskan penjajahan terhadap Palestina yang dilakukan oleh Israel.

Tentu saja kita bisa melakukan ini dengan dimulai dari langkah-langkah kecil, seperti mengikuti anjuran untuk tidak membeli produk-produk yang terafiliasi dengan Israel.

Baca Juga: Cara Melihat Suhu Laptop dengan Mudah

Adapun cara mudah untuk kita bisa mengetahui sebuah produk terafiliasi dengan Israel atau tidak, adalah dengan menggunakan website Bdnaash. Semoga informasi ini bermanfaat ya!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar