Cara Melihat Suhu Laptop dengan Mudah, Cukup Gunakan 4 Aplikasi Ini!

Cara Melihat Suhu Laptop dengan Mudah
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Melihat Suhu Laptop - Laptop adalah salah satu perangkat teknologi penting yang sekarang ini banyak digunakan oleh tenaga profesional. Laptop dapat membantu kita untuk melakukan banyak hal. Kurang lebih fungsinya sama dengan komputer, hanya saja memang laptop lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana ya.

Sayangnya, laptop bukanlah perangkat teknologi yang tidak ada celah sama sekali. Ada banyak kerusakan yang dapat dialami oleh laptop ini. Dimulai kerusakan sistem, dan juga kerusakan hardware. Tentu ada banyak faktor yang menyebabkannya.

Salah satu faktornya adalah suhu laptop yang terlalu panas. Nah, suhu panas laptop ini sendiri biasanya baru akan terdeteksi apabila fan daripada laptop bekerja cukup keras. Fan yang dipaksa bekerja keras tersebut, menjadikan kita sering mendengar bunyi kuat di bawah keyboard laptop.

Jika sudah begini, disarankan untuk segera menyelesaikan tugas di laptop dengan cepat atau istirahatkan sejenak laptop tersebut. Nah, yang menjadi masalah di sini adalah kita yang baru sadar bahwa laptop sudah kepanasan dari bunyi fan yang begitu kencang, (tanda lainnya biasanya laptop akan memaksa restart atau menampilkan Blue Screen of The Death).

Lalu gimana caranya kita untuk dapat mengetahui suhu laptop, apakah sudah kepanasan atau belum. Jawabannya simple, yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah, berikut ini adalah 4 aplikasi pengecek suhu laptop yang mimin rekomendasikan, dimulai dari;

1. Core Temp

2. HWMonitor

3. MSI Afterburner

4. Open Hardware Monitor

Setiap aplikasi memiliki sistem atau metriknya tersendiri. Biasanya mereka akan memberikan metrik yang menggambarkan suhu normal laptop seperti apa di dalam website resmi mereka.

Adapun di sini, mimin akan mencoba untuk menggunakan aplikasi ketiga bernama Core Temp.

Cara Melihat Suhu Laptop


  • Download dan install aplikasi Core Temp. Jalankan aplikasi tersebut ketika proses instalasi selesai. Aplikasi Core Temp akan langsung menampilkan visualisasi data terkait suhu laptop kamu.

Aplikasi Pengecek Suhu Laptop
Sumber: Aplikasi Core Temp

  • Aplikasi akan menampilkan informasi mengenai suhu processor laptop kamu. Nah di sini, kamu hanya perlu fokus ke bagian Tj. Max saja. Tj. Max adalah suhu maksimal yang bisa ditolerir oleh prosesor sebelum melakukan penurunan core speed, atau gampangnya penurunan performa sistem laptop, (laptop jadi agak lemot).


  • Idealnya, metrik suhu harus berada 20-30 derajat di bawah metrik Tj. Max.

Inilah penjelasan singkat tentang cara melihat suhu laptop dengan mudah.


Pantengin terus blog Kucingkomputerin.com ini untuk dapatkan informasi terbaru lainnya ya!. Bisa juga dengan gabung grup Facebook Tips dan Trik Komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar