Cara Mempercepat Booting Komputer Melalui Fitur Fast Startup

Cara Mempercepat Booting Komputer Melalui Fitur Fast Startup
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cara Mempercepat Booting Komputer - Kembali lagi bersama dengan Min Kucing.

Kali ini Min Kucing akan sharing tips jitu untuk kamu yang mungkin lagi ada masalah dengan komputernya, terutama dalam hal booting.

Ya, barangkali komputer atau laptop kamu mengalami sedikit masalah sehingga proses booting (proses hidupnya komputer setelah sebelumnya mati), sangatlah lambat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Dimulai dari;

  • Upgrade komponen memori komputer atau laptop jadi SSD. Bisa juga dengan mengupgrade RAM yang ada.

  • Saat komputer dalam keadaan menyala, lakukan scanning virus dan hapus virus yang muncul.

  • Saat komputer dalam keadaan menyala, uninstall program yang tidak diperlukan.

  • Hapus temporary files yang ada.

  • Aktifkan fitur Fast Startup

Apa itu Fast Startup?. Nah untuk cara yang terakhir ini akan Min Kucing bahas lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.

Apa itu Fast Startup?


Sesuai dengan namanya, fast startup adalah fitur di dalam sistem Windows yang berfungsi untuk mempercepat waktu startup nya sebuah komputer atau laptop. Dengan kata lain, adalah untuk mempercepat proses booting komputer.

Fast startup sendiri memiliki metode kerja yang hampir mirip dengan fitur Hibernate. Yang membedakannya adalah fitur ini akan hanya menyimpan data berupa sesi komputer terakhir dalam keadaan 'log out'.

Lantas bagaimana caranya agar kamu bisa mengaktifkan fitur ini?.

Cara Mempercepat Booting Komputer dengan Fitur Fast Startup


  • Tekan tombol Windows + I secara bersamaan. Laman Windows Settings akan terbuka.

    Windows Settings
    Windows Settings

  • Setelah itu pilih menu System. Tepat di dalam menu tersebut, pilih sub menu Power & Sleep yang ada di bagian kiri menu.

    Power and Sleep Settings
    Power & sleep

  • Lihat baik-baik pada bagian kanan menu, terdapat submenu bernama Related Settings. Pilih Additional power settings. Jendela Power Options akan terbuka. Pilih tepat pada bagian Choose what the power buttons do.

    Power Options
    Power Options

  • Centang tepat pada check box Turn on fast startup. Adapun Min Kucing sudah lama mengaktifkan fitur yang satu ini, dan apabila ingin diubah, cukup klik pilihan Change settings are currently unavailable.

Cara Mempercepat Booting Komputer dengan Fast Startup
Turn on fast startup

Inilah cara mudah untuk mempercepat proses booting komputer. Sebenarnya, selain dengan mengaktifkan fitur fast startup, kamu juga bisa mengatasi masalah booting komputer yang lama dengan melakukan disk defragment.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Pop-ups Menganggu di Windows

Min Kucing akan membahasnya lengkap pada artikel mendatang. So pantengin terus blog ini ya.

Semoga bermanfaat!.

3 komentar:

  1. Suka banget dengan fitur fast start up ini, apalagi kalo lagi di luar dan hendak ngobrolin project bareng sama client. Beh, berguna banget ini fitur, jadi gak perlu lama-lama nungguin loading start screen dan bisa langsung present project dan bahas masalah yang perlu di solve bareng sama client

    BalasHapus
  2. Aaah.. aku pikir ini soal hibernate.. ternyata beda ya.. sekarang jadi tau. Thanks infonya Mas.. berguna banget, krn nunggu loading start tuh kadang lumayan juga haha

    BalasHapus