Cara Cek Kerusakan RAM Komputer Secara Otomatis

Cara Cek Kerusakan RAM Komputer Secara Otomatis
Sumber: Kucingkomputerin.com

Cek Kerusakan RAM Komputer - Kembali lagi bersama dengan Min Kucing. Setelah sekian lama absen tidak menulis lagi di blog ini karena padatnya jadwal kerja, kali ini Min Kucing akan kembali menyapa kamu semua dengan tutorial komputer terbaru.

Tutorial komputer terbaru dari Min Kucing ini akan menjelaskan tentang cara cek kerusakan RAM komputer secara otomatis.

Baca Juga: Cara Mudah Melakukan Defragment Pada Disk Windows

Ya, di artikel ini kamu bisa memperbaiki kerusakan yang ada melalui catatan pengecekkan yang didapatkan dari tools Windows Memory Diagnostic. Teknisi IT biasa menyebut tools ini dengan sebutan Mdsched.exe.

Apa itu Mdsched.exe?


Mdsched Exe adalah program default dari sistem operasi Windows untuk memudahkan penggunanya melakukan pengecekkan kesehatan memori RAM.

Adapun waktu yang diperlukan tools ini untuk menemukan masalah memori yang ada bergantung pada jumlah RAM yang kamu miliki.

Biasanya memerlukan waktu hingga 15 menit lamanya, tapi tidak menutup kemungkinan prosesnya, bakal lebih lama dari 15 menit.

Cara Cek Kerusakan RAM dengan Mdsched.exe


  • Tekan tombol Windows + R, secara bersamaan. Akan timbul kotak dialog Run. Di dalamnya ketikkan tombol mdsched.exe, dan tekan tombol enter.

    Perintah mdsched
    Perintah mdsched

  • Jendela Windows Memory Diagnostic akan terbuka. Ada dua opsi yang bisa kamu pilih. 1, kamu memulai proses pemeriksaan sekarang juga, dan 2, kamu melakukannya nanti saat kamu melakukan proses booting (menghidupkan komputer)

    Windows Memory Diagnostic
    Windows Memory Diagnostic

  • Pilih opsi yang pertama. Komputer kamu akan langsung restart. Tunggu proses yang ada dan bersabarlah.

    Cara Cek Kerusakan Pada RAM Komputer
    Proses Pengecekan

  • Komputer akan melakukan reboot dan kemudian kamu bisa mendapatkan hasilnya. Lalu bagaimana cara kita melihatnya?. Terkadang sistem Windows Memory Diagnostic ini akan menampilkan hasil pengecekkan langsung saat proses (perhatikan tanda status), terkadang juga tidak.

    Proses Pengecekkan Kerusakan RAM
    Proses Pengecekan

  • Jika tidak, maka kamu bisa tekan tombol Windows + R secara bersamaan. Ketikkan perintah eventvwr.msc dan tekan tombol enter.

    Perintah eventvwr
    Perintah eventvwr

  • Kotak dialog Event Viewer akan terbuka. Fokus pada bagian sidebar menu bagian kanan Event Viewer. Cari dan temukan Windows Logs.

Jendela Windows Event Viewer
Event Viewer

Inilah cara cek kerusakan RAM Komputer secara otomatis. Apabila hasil pengecekkan menunjukkan RAM kamu bermasalah, silahkan lakukan update driver atau update perangkatnya langsung.

O iya, untuk kamu yang mau tips komputer harian, silahkan gabung di Grup Tips dan Trik Komputer Facebook segera!!.

Semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. Belum pernah melakukan pengecekan RAM, selama komputer masih aman dipakai aku pakai aja 🙈 tapi kalau RAM penuh gitu bisa terindikasi masalah juga gak ya? Jadi pengen ngecek nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau RAM penuh, ya terindikasi berarti mesti ditambah spacenya kak..:D

      Hapus
  2. Wah ternyata seperti ini ya cara mendeteksi kerusakan RAM, aku selama ini kalau ada masalah pada laptop, ya sudah bawa ke kang service aja soalnya agak pusing juga ngak tahu cara ngeceknya, takut salah.

    BalasHapus
  3. Tutorial-tutorial yang berhubungan dengan komputer dari MinKucing sudah pasti bermanfaat. Semangat ngontennya, ya, Kak.

    BalasHapus
  4. Kalau komputer bisa, berarti laptop juga bisa ya. Untuk pemula apakah bisa dilakukan pengecekan sendiri, kawatir kalau gak tau apa2 ada file yang terhapus dalam laptopnya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah kok kak, selama prosesnya ditunggu saja sampa selesai

      Hapus
  5. Waktu jaman masih pake komputer yang hardisk nya aja paling gede 8 GB, aku suka ikut-ikutan abangku bongkar jeroan komputer. Cek-cek hard ware dan soft ware biar wus wus lagi yang tadinya lemot kepenuhan pak dan , dsb. Sekarang pakai laptop malah ngga pernah mentang2 ram tinggi dan hardisk ratusan GB. Padahal perawatan dan pengecekan begini perlu juga.

    BalasHapus
  6. O kerusakan RAM bisa ya dideteksi dengan program MDSCHED.EXE, saya yang buta hal begini jadi lebih mengerti walaupun nantinya juga pasti banyak nanya dulu saat menggunakannya

    BalasHapus